TENGGARONG Menurut rencana, ibu kota baru pengganti Jakarta, sebagian menempati areal Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Menurut sejarah Indonesia, kerajaan tertua di Indonesia, bernama Kutai, berakar di wilayah itu. Hingga saat ini di wilayah Kutai Kartanegara masih ada Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, dipimpin Sultan Adji Muhammad Arifin.

Bagaimana perasaan Sultan menerima 'rezeki nomplok' yaitu daerah Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi ibu kota negara? Kesultanan Kutai Kartanegara merupakan bagian tak terpisahkan dari NKRI. Dalam hal ini saya merasa sangat bersyukur karena akar Kesultanan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia.

Secara lahiriah sangat wajar apabila ibu kota negara kembali ke tanah Kutai. Saya menyambut baik keputusan Presiden Jokowi itu. Presiden Joko Widodo saat mengumumkan lokasi calon ibu kota negara yang baru, yakni di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Pengumuman dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Joko Widodo saat mengumumkan lokasi calon ibu kota negara yang baru, yakni di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Pengumuman dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (26/8/2019). (HUMASPROV KALTIM) Konon mafia atau spekulan tanah mulai bermain. Bagaimana pihak Kesultanan melihat hal ini?

Perihal tanah yang sekarang menjadi komoditi spekulan, saya kembalikan sepenuhnya kepada pemerintah pusat agar dapat setidaknya meminimalisir potensi konflik yang ditimbulkan oleh ulah oknum oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Sejak kapan mengetahui Kukar masuk nominasi untuk calon ibu kota negara? Adakah pernah diajak berkomunikasi oleh pihak pemerintah soal ini? Sejak beberapa waktu yang lalu.

Saya sudah diberi tahu oleh pemerintah daerah bahwasannya Kutai Kartanegara menjadi kandidat ibu kota negara RI. Hal ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kutai.

Baca:  Dua Menteri Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Perayaan Kemenangan Jokowi-Maruf
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment