GelaranMotoGP2019 merupakan musim ke 24Valentino Rossitampil di ajang balap motor bergengsi tersebut. Memulai debut pada 1996,Valentino Rossitercatat sudah membela empat pabrikan berbeda mulai saat turun di kelas 125cc, 250cc, dan 500cc sebelum berganti nama menjadiMotoGP. Pembalap asal Italia ini pun telah mengoleksi sembilan gelar juara dunia yang didapatkan dari semua kelas balap yang diikutinya.

Dengan prestasi tersebut, tak heran jika namaValentino Rossibegitu diseganidan saat ini menjelma menjadi pembalap terbaik sepanjang sejarah berlangsungnyaMotoGP. Belum lagi rivalitas yangdimiliki Rossi dengan sejumlah pembalap kenamaan, dari lintas generasi, membuat nama The Doctormakin populer dan banyak diidolakan. Bahkan pada suatu periode namaValentino Rossisempat dianggap lebih besar dariMotoGPitu sendiri.MotoGPadalah Rossi, Rossi adalahMotoGP.

Meski begitu, masa kejayaan Valentino Rossi di ajang MotoGP tampaknya telah tiba dan mungkin sudah dimulai sejak beberapa musim terakhir. Walau masih bisa tampil kompetitif, pria 40 tahun ini tampak kesulitan untuk menyaingi dominasi Marc Marquez bersama Repsol Honda. Dalam beberapa musim terakhir, Valentino Rossi sendiri tampak kesulitan meraih kemenangan di mana dirinya sudah 29 kali tak bisa mengakhiri balapan sebagai yang terdepan.

Hal itulah yang menimbulkan spekulasi jika Rossi bakal segera pensiun, apalagi kontraknya bersama Monster Energy Yamaha akan berakhir padaakhir musim 2020 mendatang. Lalu apa jadinya MotoGP tanpa Valentino Rossi? The Doctor punya jawabannya. "Jika saya pensiun, tak akan ada yang berubah. MotoGP akan tetap menjadi MotoGP," kata Valentino Rossi dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

"Saya bahagia karena kejuaraan ini sudah lebih populer. Mungkin Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna) harus memberi saya uang kompensasi untuk hal itu," katanya dengan nada bercanda. Pada sisi lain, pembalap yang identik dengan nomor 46 ini juga sedikit berbicara tentang beban yang didapatkan lantaran didapuk menjadi "wajah utama" daribrandMotoGP. "Menjadi wajah kejuaraan MotoGP adalah sesuatu yang saya banggakan. Itu adalah hal bagus," tutur Rossi.

Baca:  Jadwal Lengkap MotoGP Ceko 2019 Berikut Jam Tayang & Link Live Streaming Race

"Saya pikir saya sudah membantu perkembangan dunia motorsport di seluruh dunia karena banyak orang mulai mengikuti balapan karena saya. Itu sangat positif,"katanya. PerjuanganValentino Rossipada seri perdanaMotoGP2019 yang dihelat di Qatar sendiri dimulai dengan hasil yang cukup mengesankan. Start dari peringkat ke 14, Rossi mampu melejit dan finis di peringkat lima dan berhak mendapat 11 poin.

Walau belum mampu mengakhiri puasa kemenangan, hasil di Sirkuit Losail, Qatar, itu menjadi bukti bahwaValentino Rossiteap bisa tampil kompetitif di usianya yang sudah berkepala empat. Rossi pada saat ini tengah mempersiapkan diri sebelum menghadapi seri keduaMotoGP2019 yang akan dilangsungkan di Argentina. MotoGPArgentina 2019 dijadwalkan berlangsung di Autodromo Termas de Rio Hondo pada 29 31 Maret 2019.

Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment