Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan kritiknya terhadap rencana Bank Dunia memberikan pinjaman berbunga rendah ke Tiongkok. "Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke Tiongkok?," protes Trump dalam postingan di akun Twitter pribadinya pada Jumat malam. "Apa itu mungkin? Tiongkok punya banyak uang, kalaupun tidak punya, mereka bisa mencetaknya. Jadi hentikan ini,".

Cuitan tersebut muncul sehari setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menghadiri sidang kongres dan mengatakan bahwa pemerintah AS menentang rencana Bank Dunia yang telah meminjamkan lebih dari 1 miliar dolar AS ke Tiongkok pada tahun ini. Dikutip dari laman Bloomberg, Minggu (8/12/2019), Bank Dunia diprediksi segera merilis dokumen Country Partnership Framework terbaru untuk Tiongkok. Dokumen tersebut akan menjabarkan rencana peminjaman Bank Dunia ke ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Mnuchin mengatakan kepada House Financial Services Committee pada Kamis lalu bahwa Tiongkok harus dikeluarkan dari program pinjaman Bank Dunia. "Departemen Keuangan telah merundingkan pengurangan signifikan untuk pinjaman Tiongkok dari Bank Dunia," kata Mnuchin. Beberapa anggota parlemen menyuarakan keprihatinan mereka terkait rencana Bank Dunia yang tidak diumumkan itu.

Mnuchin mengaku Departemen Keuangan AS telah mengajukan keberatan atas rencana terbaru Bank Dunia pada Rabu lalu. Ia menyarankan Trump untuk merekomendasikan mantan pejabat perbendaharaan sekaligus penasehat kampanye Trump, Davis Malpass untuk mengambil alih bank itu. AS merupakan kontributor terbesar bagi Bank Dunia yang bertugas memberikan pinjaman berbunga rendah kepada negara negara berpenghasil rendah.

Pada tahun fiskal 2019, pinjaman Bank Dunia ke Tiongkok turun menjadi 1,3 miliar dolar AS dari 2,4 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2017. Sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Jumat kemarin oleh Bank Dunia menyatakan bahwa pinjaman ke Tiongkok akan terus dikurangi. "Ini sebagai bagian dari perjanjian kami dengan semua pemegang saham kami termasuk AS, kami akan menghilangkan pinjaman kepada negara negara yang mulai tumbuh lebih kaya,".

Baca:  Anjing Ini Kabur dari Kereta & Berjalan 200 Km buat Kembali menuju Rumah Pemiliknya Meski Dibuang
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment