Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan angkutan bus dan fasilitas Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019) menjelang Lebaran 2019. Budi tiba di lokasi pukul 13.00 WIB ditemani Kepala BPTJ Bambang Prihartono, pengamat transportasi dari Universitas Indonesia Ellen Tangkudung dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Setibanya di terminal Pulogebang, Budi menyambangi posko kesehatan dan melihat langsung tes kesehatan para sopir bus.

Dia juga sempat berbincang dengan para pemudik, mengecek loket tiket bus dari beberapa perusahaan otobus (PO), meninjau proses ramp check hingga memberikan stiker laik jalan ke bus bus. "Kita ingin sekali menjadikan bus ini menjadi andalan transportasi darat. Bus adalah angkatan massal yang bisa diandalkan karena mengurangi penggunaan mobil pribadi, keunggulan lain dari bus ini adalah point to point," kata Budi. "Kia memang mengkampanyekan agar bus ini makin digemari karena secara intensif Insya Allah tahun depan jumlah pemudik yang menggunakan bus lebih banyak," lanjutnya.

Menurut Budi, secara keseluruhan, pelayanan di terminal tersebut sudah cukup baik. Namun, ia menemukan ada antrean cukup panjang di loket tiket salah satu PO. Budi mendorong agar semua PO memanfaatkan teknologi untuk membuat sistem tiket online, sehingga pelayanan bisa lebih efisien. Selain terminal Pulogebang, Budi rencananya juga akan meninjau pelayanan di Stasiun Pasar Senen dan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Saya pikir sistem ticketing harus diperbaiki karena memang seyogyanya ada satu proses yang mengarahkan penumpang ini menggunakan online. "Nanti PO bisa sediakan dengan gadget di loket misalnya untuk yang membeli di lokasi. Masyarakat juga perlu diedukasi sosialisasi penggunaan online ini belum maksimal. Karena ada yang belum tahu ada yang mepet waktunya tapi sebenernya kalau disediakan online mereka bisa pesen lewat gadget lebih mempersingkat waktu," jelas dia. Foto: Menhub Budi Karya Sumadi saat menyapa pemudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019).

Baca:  Lion Air Group Akan Terbangkan 67.457 Jemaah Layani Penerbangan Haji Tahun Ini
Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment