Moda transportasi massal lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta rute Velodrome Kelapa Gading mulai beroperasi secara komersial mulai Minggu (1/12/2019) hari ini. Tarif yang diberlakukan untuk satu kali perjalanan, yakni Rp 5.000, sesuai ketentuan Peraturan Gubernur Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian MRT dan LRT. "Tarifnya flat Rp 5.000 untuk seluruh stasiun," ujar Direktur Utama PT LRT Jakarta, Wijanarko di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta Timur, Minggu pagi seperti dikutip dari Kompas.com .

Wijanarko menuturkan, pembayaran tarif LRT Jakarta bisa menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank. Pembayaran juga bisa menggunakan kartu single journey trip LRT Jakarta. Khusus untuk kartu single journey trip, penumpang harus membayar biaya deposit kartu sebesar Rp 15.000.

Uang itu akan dikembalikan setelah penumpang ke luar dari area peron kereta. Pengembalian deposit bisa dilakukan via loket atau vending machine di stasiun tujuan. Batas waktu pengembalian deposit, yakni tujuh hari sejak penumpang tap out di stasiun. "Bisa menggunakan kartu uang elektronik dari lima bank, Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, dan Bank BRI, maupun menggunakan kartu single trip LRT Jakarta," kata Wijanarko.

LRT Jakarta memiliki enam stasiun, yakni Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua. LRT Jakarta akhirnya dioperasikan secara komersial setelah tiga kali uji coba, yaitu pada Agustus 2018, Maret 2019, dan Juni 2019. Sebelumnya, Wijanarko, Direktur Utama PT LRT Jakarta menyebutkan pihaknya optimisris dengan beroperasinya layanan publik tersebut secara komersial melihat respon masyarakat.

"Satu juta pelanggan menikmati LRT Jakarta selama masa uji publik. Tepatnya 1.044.457 pelanggan," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/11/2019). Dalam pemaparannya, ia menjelaskan LRT Jakarta Fase I memiliki panjang rute 5,8 Km. Dari rute tersebut, terdapat 6 stasiun pemberhentian yakni Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

Baca:  Kronologi Pria Bunuh Diri Loncat dari Lantai 6 yang Hebohkan Pengunjung ITC Cempaka Mas

Adapun jam operasional setiap harinya di mulai pukul 05.30 23.00 WIB. Keistimewaan LRT yakni dengan adanya integrasi dengan moda Trans Jakarta. Selain itu, dari stasiun LRT dapat langsung menuju halte dengan sekali pembayaran melalui gate integrasi. Adapun skema integrasi pembayaran tersebut, saat penumpang tap out di pintu terintegrasi halte Trans Jakarta maka, saldo akan langsung terpotong Rp 8.500 secara otomatis.

Sekedar informasi, saat ini LRT Jakarta memiliki 8 set train. Adapun tiap set train terdiri dari 2 kereta yang mampu menampung 270 penumpang.

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment