Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sosok yang gemar mengonsumsi jamu tradisional. Jokowi pun membagikan cerita soal ramuan jamu tradisional yang sudah diminum sejak 18 tahun lalu. Berkat jamu itulah, Jokowi mengaku dia selalu sehat dan bugar selama beraktivitas.

Kandungan dalam ramuan jamu tersebut diungkap Jokowi lewat video di akun Instagram resminya, Selasa (23/7/2019). "Ingin tahu bagaimana saya menjaga kebugaran tubuh? Tak ada rahasia, tidak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata," kata Jokowi dalam keterangan di video itu. Dalam video tersebut, Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang andalannya. Ia masih berada di rumahnya di Vila Bayu Rini, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

"Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor. Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu," ucap Jokowi. Sambil memegang gelas bercorak hijau, Jokowi lalu menjelaskan tentang ramuan jamu yang biasa dia minum setiap pagi itu. Dia sudah meminum ramuan itu jauh sebelum jadi pejabat. "Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit. Jadi jahe ditumbuk atau dirajang rajang, temulawak ditumbuk dirajang rajang. Kunyit juga. Kemudian diseduh air panas, disaring kemudian diminum," kata Jokowi.

"Dan sudah saya minum mungkin 17 18 tahun yang lalu, sampai sekarang," ujar dia. Menurut dia, jamu inilah yang membuat tubuhnya selalu bugar saat menjalani kesibukan sebagai kepala negara. "Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri, he he he," kata Jokowi lalu menyeruput jamu itu.

Baca:  9 Tanda Makananmu Sudah Tidak Layak Dikonsumsi Berbahaya bagi Kesehatan
Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment