Mulan Jameela, istri musisi Ahmad Dhani dikabarkan lolos menjadi anggota DPR periode 2019 hingga 2024 mendatang. Ditetapkannya Mulan Jameela sebagai anggota DPR, menggantikan posisi dua caleg terpilih yang memiliki suara lebih banyak dari istri Ahmad Dhani. Siapa sangka, salah satu caleg yang posisinya digantikan Mulan Jameela adalah seorang direktur.

Dikabulkannya gugatan Mulan Jameela, membawa istri Ahmad Dhani ini melenggang ke Senayan. Impian Mulan Jameela menjadi wakil rakyat di daerah pemilihan Jawa Barat akan segera menjadi kenyataan. Meski suara pemilihan yang didapat Mulan Jameela kurang mencukupi, namun istri Ahmad Dhani tetap bisa lolos menjadi anggota DPR.

Hal ini ditunjukkan dari surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 1341/PL.01.0 Kpt/06/KPU/IX/2019. Surat keputusan KPU tertanggal 16 September 2019 ini berisi tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9 Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019. Di dalam surat keputusan tersebut, KPU menetapkan Mulan Jameela sebagai calon terpilih yang menggantikan calon terpilih Ervin Luthfi.

Ervin Luthfi sendiri adalah calon terpilih yang mendapat suara ketiga terbanyak pada pemilu 2019. Bukan hanya Ervin Luthfi, istri Ahmad Dhani ini juga menggantikan calon atas nama Fahrul Rozi. Fahrul Rozi sendiri adalah calon terpilih yang mendapatkan suara terbanyak keempat setelah Ervin Luthfi.

Pembatalan Fahrul Rozi ini dikarenakan yang bersangkutan diberhentikan sebagai anggota partai politik Gerindra. Ervin Luthfi, calon yang digantikan Mulan Jameela membenarkan hal tersebut. “Iya benar,” kata Ervin saat dihubungi lewat aplikasi pesan, Sabtu (21/9/2019) dilansir dari Kompas.com.

Siapa sangka, sosok Ervin Luthfi yang posisinya hendak digantikan mulan Jameela bukanlah orang sembarang. Ervin Lutfhi kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Karang Tumaris Mandiri dan Direktur PT Harapan Fajar Dua Belas. Ditelusuri lewat akun LinkedIn miliknya, Ervin Luthfi sudah menjadi direktur sejak tahun 2009 silam.

Sepuluh tahun berkarier, nama Ervin Luthfi pun sudah berhasil menjabat beberapa posisi tinggi dalam suatu perusahaan. Lebih lanjut melansir dari tayangan YouTube Erfin yang diunggah pada (28/7/2018), Ervin Luthfi memiliki banyak relasi di berbagai kalangan pengusaha. Bahkan namanya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Garut.

Rival Mulan Jameela ini juga pernah menjadi Koordinator Wilayah Timur Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Indonesia. Tak hanya itu Ervin juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Himpunan Pengusaha Indonesia, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI) Kabupaten Garut. Pria berusia 42 tahun itu juga pernah menjadi Dewan Pengurus Daerah Pengembangan Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Serta aktif mengikuti kegiatan di Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Ervin Luthfi ternyata juga pendiri KOPTI Garut (Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia). Inilah ungkapan jawaban Mulan Jameela istri Ahmad Dhani setelah lolos jadi anggota DPR lewat kemenangan gugatan di pengadilan.

Lantas bagaimana nasib 2 caleg yang tersisih karena kemenangan Mulan Jameela ? Impian Mulan Jameela untuk melenggang ke Senayan akhirnya tercapai juga. Sempat dinyatakan tidak lolos dengan perolehan suara yang kurang, akhirnya Mulan Jameela berhasil menjadi anggota DPR periode 2019 hingga 2024.

Ditetapkannya Mulan Jameela sebagai anggota DPR atas dasar keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mulan melenggang ke Senayan setelah KPU mengeluarkan Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.9 Kpt/06/KPU/IX/2019 tertanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9 Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019. Rupanya penetapan Mulan Jameela sebagai anggota DPR ini menggantikan dua calon terpilih sebelumnya.

Dua calon terpilih sebelum Mulan Jameela ini diketahui mendapat suara lebih banyak dari istri Ahmad Dhani. Dalam surat tersebut, KPU menetapkan Mulan Jameela sebagai calon terpilih menggantikan calon terpilih atas nama Ervin Luthfi yang meraih suara ketiga terbanyak pada Pemilu 2019. Istri Ahmad Dhani itu juga menggantikan calon atas nama Fahrul Rozi, peraih suara terbanyak keempat, karena yang bersangkutan diberhentikan sebagai anggota partai politik.

Surat keputusan KPU tersebut dikeluarkan berdasarkan tiga surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Surat itu bernomor 023A/BHA DPPGERINDRA/IX/2019 tertanggal 11 September 2019 perihal penjelasan kedua soal langkah administrasi pelaksanaan putusan PN Jaksel nomor 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel. Lalu Surat Keputusan DPP Gerindra Nomor 004A/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 tentang pemberhentian keanggotaan sebagai langkah administrasi pelaksanaan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kemudian, Surat Keputusan DPP Gerindra Nomor 004B/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 yang memutuskan calon anggota DPR Daerah Pemilihan Jabar XI atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon terpilih anggota DPR. Mulan maju sebagai calon anggota legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) XI Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Sementara saat dikonfirmasi, asisten Mulan Jameela, Mira belum bisa berkomentar lebih terkait kabar tersebut.

Saat dihubungi Kompas.com, asisten Mulan ini hanya menyampaikan apa yang dipesankan oleh istri Ahmad Dhani tersebut. "Hemmm… No comment. Itu dulu pesannya (dari Mulan). Nanti, ya," kata Mira saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/9/2019). Meskipun belum memberikan keterangan apapun soal terpilihnya sebagai anggota DPR, Istri Ahmad Dhani baru saja mengunggah tentang bagaimana doa akan diijabah melalui akun instagramnya.

"Bagaimana agar doa kita mudah diijabah oleh Allah? Saat kita bergantung pada manusia atau meminta kepada manusia dengan cara merengek, pasti manusia akan kesel. Beda dengan saat bergantung kepada Allah, semakin kita merengek minta sama Allah dan Allah suka dengan itu.

Tapi tetap janganlah berharap langsung dikabulkan, terus berdoalah sama Allah," tulis Mulan melalui unggahan di insta story. Unggahan di insta storynya itu rupanya saat Mulan sedang mengikuti sebuah kajian agama Islam. Mantan rekan duet Maia Estianty ini lalu menyebutkan cara acar agar doa diijabah oleh Allah.

"Bagaimana lagi cara agar doa diijabah? Salah satu penentu adalah makanan dan minuman yang dimakan jauh dari subhat apalagi haram. Tidak hanya makanan atau minuman sjaa sifatnya jauh dari subhat dan haram.

Tapi juga cara mendapatkan makanan dan minuman harus halal," tulis Mulan Jameela. Sebelumnya memang diberitakan Mulan Jameela bersama 14 calon legislatif Partai Gerindra mengajukan gugatan kepada Prabowo Subianto. 12 nama caleg lain terdiri dari Seppaiga, Nuraina, Pontjo Prayogo Sp, Adnani Taufiq, Adam Muhammad, Prasetyo Hadi, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, Li Claudia Chandra, Bernas Yuniarta, dan dr Irene.

Gugatan perdata itu teregister dengan nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Meski kalah dari perebutan kursi anggota legislatif 2019,Mulan Jameela dan beberapa calon legislatif dari Partai Gerindra tetap menuntut agar haknya dipenuhi. Para caleg Gerindra yang menggugat mengajukan gugatan untuk memperjuangkan hak mereka diangkat menjadi anggota DPR RI meski suaranya kalah di Pemilu Legislatif lalu.

Dan kini rupanya gugatan Mulan Jameela telah dikabulkan.

Published by Nuzul Khaila

Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *