Tahapan pendaftaran masuk perguruan tinggi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah dimulai sejak Senin, (2/12/2019), lalu. Dilansir dari laman , Selasa (10/12/2019) Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu: 1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota minimum 20% dari daya tampung PTN;

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota minimum 40%; 3. Seleksi Mandiri maksimum 30%. Hal yang paling penting diketahui oleh calon peserta penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2020 yaitu adanya kebijakan Single Sign On (SSO).

SSO tersebut merupakan tahap awal dari pendaftaran, dimana setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT Registrasi akun LTMPT dapat dilakukan oleh pihak sekolah dan siswa secara mandiri melalui laman . Pendaftaran akun LTMPT dibuka mulai tanggal 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020.

Peserta bisa membuat akunmelalui situs web . Syarat yang diperlukan untuk pihak Sekolah adalah dengan menginput Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Syarat pendaftaran akun peserta adalah dengan mengisikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel. Keberadaan LTMPT diharapkan mampu mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Perguruan Tinggi. LTMPT mengolah dan mengelola data calon mahasiswa jalur SNMPTN serta akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sebagai keriteria seleksi calon mahasiswa oleh PTN jalur SBMPTN dan jalur Mandiri.

Baca:  Tadi Malam, Bawaslu Sita Satu Truk Sembako di Kalideres

Setelah selesai mendaftar akun LTMPT, kemudian login menggunakan username/email dan password ke laman <a> https://portal.ltmpt.ac.id </a>. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa Mengisi Biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata. Pilih menu Pendaftaran UTBK, pilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

Pembayaran di Bank (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN) dengan menggunakan slip pembayaran (kecuali bagi pendaftar Bidikmisi). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. Setelah itu, login kembali ke laman

Pilih menu pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK. Mengikuti UTBK sesuai dengan jadwal hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih. Dilasnir dari , simak jadwal pelaksanaan UTBK 2020, berikut ini.

Pendaftaran Akun LTMPT: 07 Februari – 05 April 2020 Pendaftaran UTBK 2020: 30 Maret – 11 April 2020 Pelaksanaan UTBK: 20 – 26 April 2020 (Setiap hari terdapat 2 sesi, yaitu pagi dan siang sehingga total terdapat 14 sesi) Pengumuman Hasil UTBK: 12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB. Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020: Simak lebih lengkapnya di laman resmi .

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment