PendaftaranPenerimaanPesertaDidikBaru(PPDB)2019 ProvinsiDKIJakartauntukjalurzonasiresmi dibuka mulai Senin (24/6/2019) hari ini. PendaftaranPPDB2019 wilayah DKI Jakarta untukjalurzonasidibuka 24 Juni 26 Juni. PPDB Online 2019 adalahpendaftaranpenerimaan peserta didik baru yang memiliki sistem secara online dan realtime untuk melakukan otomasi seleksi, mulai dari prosespendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi.

PPDB 2019 yang masih menggunakanjalurzonasisebagaimana diatur dalam Permendikbud No 51 tahun 2018 tentang penerimaan perserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Penerapan sistem zonasi ini mewajibkan calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di sekolah yang berlokasi terdekat dengan kediaman. Terdapat maksimal tiga opsi sekolah yang bisa dipilih dengan syarat sekolah itu masih punya slot siswa dan berada di wilayah zonasi calon peserta didik.

Jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah dalam zonasi yang ditetapkan dimaksud berdasarkan jarak tempuh dari Kantor Desa/Kelurahan menuju ke sekolah. Apabila jarak tempat tinggal sama, maka yang diprioritaskan calon peserta didik yang mendaftar pertama kali. Bagi calon peserta didik dari pondok pesantren, dapat menyertakan surat keterangan yang menyatakan bahwa pondok pesantren terdaftar pada Educational Management Islamic System (EMIS) yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Sementara itu, calon peserta didik dari panti asuhan/sosial negeri menyertakan surat keterangan kelayan dari lembaga pengelola panti. Bagi calon pendaftar dari panti asuhan/sosial yang dikelola masyarakat, diwajibkan telah berbadan hukum dengan menyertakan surat keterangan dari lembaga pengelola panti dan diketahui Dinas Sosial. Calon peserta didik dari daerah bencana alam atau bencana sosial yang ditetapkan sebagai bencana nasional maupun daerah, menyerahkan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang dilegalisir oleh Lurah/Kades setempat.

Calon peserta didik dianjurkan untuk memilih semua sekolah di dalam zona. Dalam PPDB Online 2019 DKI Jakarta, jalur zonasi dibuka untuk jenjang SD, SMP dan SMA. Berdasarkan situs ppdb.jakarta.go.id, terdapat 6 tahapan alurpendaftaranPPDBSMADKIJakartadi periode 2019.

Baca:  Kembangkan Potensi Anak Akademik maupun Non Akademik di Sekolah Multitalenta

Berikut 6 tahapan alurpendaftaranPPDBSMADKIJakarta: 1. Calon peserta didik baru datang ke sekolah terdekat membawa berkas persyaratan 2. Operator sekolah memverifikasi berkas dan mencetak akun siswa

3. Calon peserta didik baru menerima akun 4. Calon peserta didik baru melakukan aktivasi, login dan memilih sekolah secara online mandiri 5. Calon peserta didik baru mencetak tanda buktipendaftaranonline mandiri

6. Calon peserta didik baru melihat hasil seleksi secara online Verifikasi berkas persyaratan : 24 26 Juni Pendaftaran DARING/ONLINE Mandiri dan/atau lewat Satuan Pendidikan

Dibuka : mulai 24 Juni pukul 08.00 WIB Ditutup : 26 Juli pukul 15.0 WIB Pengumuman Hasil Seleksi : 26 Juni

Lapor Diri: 27 28 Juni Pengumuman Bangku Kosong: 28 Juni Pukul 17.00 WIB

Tags: , , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment