Dua pelaku penipuan dan penggelapan uang senilai ratusan juta Rupiah diringkus Polisi. Kedua orang tersangka ialah AF alias A dan IH. Mereka ditangkap pihak kepolisian pada 12 April 2019 lalu di Hotel Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kemarin kami tangkap kedua pelaku saat akan bertransaksi, tersangka meminta Rp 500 juta kepada korban dan yang kami amankan saat transaksi sebesar Rp 5 juta," ucap Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBR Arie Ardian, Selasa (16/4/2019). Dikatakan Arie, setelah melakukan pemeriksaan terhadap para tersangka, ternyata pelaku bernama IH merupakan buron yang telah diincar pihak kepolisian sejak 2018 lalu. "Salah satu tersangka merupakan DPO kami yang sebelumnya juga pernah melakukanpenipuan," ujarnya kepada awak media.

Dalam menjalankan aksinya, para tersangka selalu mengaku sebagai pemenang tender pengadaan barang di sejumlah kementerian atau badan milik negara. Tak main main, akibat perbuatan jahat pelaku, para korbannya menderita kerugian ratusan juta rupiah. "Pertama pelaku menjanjikan kepada korbannya proyek jalan di Manado senilai Rp 350 juta," kata Arie.

"Tapi ternyata proyek itu fiktif," tambahnya. Kemudian, pada aksinya yang keduanya, pelaku mengaku sebagai pemenang tender pengadaan 3.000 tenda di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai 48 miliar. "Korban bernama Ferry Kurniawan, dia adalah seorang pengusaha dimana yang bersangkutan dijanjikan oleh para tersangka proyek di BNPB," ucapnya.

Kemudian, setelah para korban memberikan uang senilai ratusan juta kepada pelaku, IH dan rekannya A langsung kabur melarikan diri. "Korban curiga karena tidak juga mendapat keuntungan seperti yang dijanjikan. Setelah itu korban melakukan pengecekan di BNPB dan ternyata proyek itu fiktif atau tidak ada," ujarnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatnnya, pelaku dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

Baca:  Tim SAR Masih Mencari Satu Lagi Korban Terseret Arus Kali Bayur
Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment