Bus yang terguling di Tanjakan Selarong, Kabupaten Bogor, Rabu (1/5/2019), menurutKapolsek Cisoka, AKP Uka Subakti diduga karena rem blong. Alhasil, 23 siswa SDN 01 Karangharja, Cisoka, Kabupaten Tangerang dan dan dua guru pendamping harus menderita luka ringan setelah Bus Kalimaya tersebut terguling. Lanjutnya, jumlah seluruh peserta liburan sebanyak 103 orang terdiri dari 66siswaSD, tujuh siswa Paud Bunga Cempaka, Lima orang guru pendamping, satu guru Paud, dan 18 orang tua murid.

"Korban luka terdiri dari empat orang luka berat yakni Sarnapi (50), Ambar (50), Daidat kelas 5 SD, dan Keiva Iskandar 6 tahun masih Paud. Lainnya, 11 orang luka sedang dan 12 orang luka ringan," ucap Uka. Terjadi kecelakaan lalu lintas di Tanjakan Selarong, Jalan Raya Puncak, Desa Cibogo, Kecamatan Megamendung, Bogor, pada Rabu (1/5/2019) siang. Herul (40) saksi mata mengatakan bahwa saat kejadian anak anak yang berada di dalam bus masih dalam keadaan sadar.

Para penumpang bus yang kebanyakan adalah seorang anak anak itu pun berhasil dievakuasi dari dalam bus yang sudah dalam posisi terguling. Para korban berhasil dinevakuasi melalui jendela dan pintu depan. "Iya kebanyakann anak anak, ada juga orangtuanya, ada yang nangis tapi ada yang kaya masih kaget gitu," katanya.

Selain anak anak yang berhasil dievakuasi para orangtua yang kebanyakan adalah ibu ibu juga berhasil dievakuasi warga. Dua orang penumpang paruh baya dievakuasi dalam keadaan tidak sadar. "Hampir semuanya sadar, tapi ada dua orang ibu ibu di kursi depan pas dievakuasi sudah tidak sadarkan diri, tapi Alhamdulillah semua selamat dan langsung di angkut ke rumah sakit," katanya

Herul mengungkapkan saat itu para korban dievakuasi dengan menggunakan angkutan dan mobil pickup. "Pakai pickup itu tuh yang biru sebagaian lagi pakai mobil sama angkutan kota," katanya. Herul (40) menyaksikan dengan jelas saat bus tiga perempat yang sedang menanjak di Tanjakan Selarog puncak tidak kuat menanjak hingga nyelonong mundur dan terguling.

Baca:  Kartu Pra-Kerja Selain Berdayakan Tenaga Kerja Juga Tanggulangi Kemiskinan kata Rani Hakim

Herul mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu Herul yang sedang berada di warung melihat dari kejauhan bus berukuran 3/4 itu mundur dengan perlahan. "Dari kuda putih, lumayan jauh mundurnya, awalnya pelan dikira mau parkir mau ngawangan tapi kok makin lama semakin kencang," katanya saat ditemui di lokasi.

Bus yang tak kuat menanjak dan mundur di turunan tanjakan selarong itu pun membuat warga panik. Warga yang berada di lokasi pun berteriak. "Yang teriak bukan yang di dalam bus, tapi yang disini karena kan pasbusmunduritu ada truk sama motor lagi istirahat diam di pinggir," katanya.

Beruntung truk dan pemotor yang sedang istirahat disi jalan pun tidak terkena kecelakaan tersebut. "Pas banget di depan truk tergulingnya, kalau enggak kegencet kali itu sopir truk," katanya. Belum diketahui penyebab pasti truk tersebut mundur hingga terguling.

Namun diduga truk mengalami mati mesin saat menanjak. "Kayanya mati mesin terus tidak bisa mengendalikan, soalnya kalau dilihat kondisi busnya baru, kalau dugaan saya kaya gitu cuma enggak tau pastinya," ujarnya

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment