Sejumlah bank menyatakan hingga kuartal II 2019, jumlah transaksi nasabah perbankan die commerceterus tumbuh. Pesatnya pertumbuhan transaksi nasabah die commercedidukung oleh banyaknya opsi untuk menyelesaikan transaksi pembayaran nasabah. Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jan Hendra mengatakan, pesatnya pertumbuhan transaksie commerceini lantaran perbankan termasuk BCA menyediakan berbagai opsi untuk menyelesaikan transaksi pembayarane commerce. Mulai dari transfer maupun melalui rekening virtual (virtual account) atau nonvirtual account.

Selain itu, transaksi nasabah die commercejuga kian dipermudah melalui pengembangan teknologi semisal QRpaymentmaupun kartu kredit. Hendra mencontohkan, bisnis kartu kredit BCA salah satunya ditopang dari transaksi die commerce.Hingga April 2019, bisnis kartu kredit BCA sudah naik sekitar 30% secarayear on year(yoy) menjadi Rp 6 triliun. "Transaksi dari industritraveldantrade (marketplace)masih mendominasi," terangnya kepada Kontan.co.id, Rabu (3/7).

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga terus mencetak pertumbuhan pesat di sektore commerce.Senior Vice President Transaction Banking and Retail SalesBank Mandiri Thomas Wahyudi mengungkap transaksi nasabah Bank Mandiri die commercesudah tumbuh 50% per Mei 2019. Sementara untuk nilai transaksi (sales volume) tumbuh 59% secara yoy hingga Mei 2019. Kendati tidak merinci nilainya, Thomas mengatakan peningkatan tersebut didukung olehmerchantdi kategorimarketplace, online traveldan maskapai penerbangan yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Hingga kini, setidaknya sudah ada 2.800merchante dagang yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. "Porsisales volumeterbesar berasal darimarketplace42%,online travel26% danairlines12%," terangnya. Melihat perkembangane commercedi Indonesia dan potensi transaksi yang masih cukup tinggi, bank berlogo pita emas ini optimistis transaksi tersebut akan terus tumbuh hingga akhir tahun.

Setali tiga uang, PT Bank CIMB Niaga Tbk juga mencetak kenaikan transaksi dua kali lipat di sektor ini. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan sektor yang paling banyak menyumbang antara laintraveldan belanja di tokoonline. Bank bersandi bursa BNGA ini pun meyakini hingga akhir tahun 2019 ini transaksie commercemasih bisa naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. Sayangnya, pihaknya tidak merinci nilai transaksi sejauh ini. "Transaksie commercenaik dua kali lipat. Salah satu transaksi yang tumbuh baik sekali dan akan terus kuat," katanya.

Baca:  Strategi Sopir Truk Hadapi Kemacetan Lalu Lintas
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment