Mulai Januari tahun 2020 selama dua tahun, tiga pengurus inti Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I 4) mulai Ketua, Sekretaris dan Bendahara dipegang diaspora Indonesia yang ada di Jepang. Hal serupa juga disampaikan Menteri Ristek Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, saat memberikan wejangan kepada para pelajar Indonesia, Jumat (6/12/2019). Menteri Bambang berharap para diaspora Indonesia meskipun mungkin ada yang tak mau pulang ke Indonesia dapat tetap ikut membangun bangsa Indonesia dan kerja sama dengan baik dengan Indonesia.

Terlebih setelah I 4 dipegang ilmuwan Indonesia yang ada di Jepang diharapkan lebih banyak lagi peranan dari Jepang membantu Indonesia. "Para ilmuwan yang tergabung ke dalam I 4 dapat berperan nyata dalam meningkatkan kualitas riset para peneliti di Indonesia, dengan cara berperan serta menjadi jembatan kolaborasi riset Indonesia dan negara akreditasi," tambah Alinda. Panitia Musyawarah Internasional (MUIN) Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I 4) telah melangsungkan serangkaian kegiatan MUIN 2019 yang terdiri dari tahap penjaringan, kampanye, dan talkshow kandidat terpilih.

Puncak acara MUIN 2019 dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2019 pukul 17.00 WIB berjalan dengan lancar. Acara tersebut dihadiri oleh 22 anggota I 4 yang telah terdaftar pada reward program hingga tanggal 5 Oktober 2019 pukul 23.59 WIB. Kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan fasilitas teleconference Zoom Pro I 4. Saat acara MUIN 2019, para anggota sidang membahas tentang Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) I 4.

Panitia MUIN 2019 juga telah membuka kesempatan kepada anggota I 4 untuk memberikan masukan bagi penyempurnaan AD/ART ini. Penyempurnaan AD/ART akan dilanjutkan dalam acara MUIN bulan Januari 2020 mendatang bertepatan dengan pelantikan dan serah terima jabatan oleh pengurus I4 periode 2018 2020. Selain itu juga dilakukan proses pemilihan Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara, dimana proses pemilihan ini telah terhitung srjak satu hari setelah masa tenang kampanye dengan menggunakan sistem pemilihan one man one vote system hingga beberapa jam sebelum puncak MUIN 2019 dilangsungkan (e voting berjangka).

Baca:  KPK Akan Periksa Harta Kekayaan 14 Orang Kepala Daerah di Jambi

Hasil proses e Voting berjangka yang telah dilakukan oleh seluruh anggota I 4 yang terdaftar pada rewards program maka telah terpilih Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara I 4 periode 2020 2022. Tiga pimpinan pokok terpilih dari Jepang. Ketua Umum I 4 terpilih adalah Dr Eng Muhammad Aziz, Associate Professor, Institute of Industrial Science di The University of Tokyo, Jepang.

Sekretaris Jenderal I 4 terpilih adalah Dr Sastia Prama Putri yang merupakan Adjunct Lecturer di Departement of Biotechnology, Osaka University, Jepang. Bendahara I 4 terpilih adalah Dr Riskina Juwita yang saat ini adalah seorang Postdoctoral Researcher di Laboratory of Business Management, Tokyo University of Agriculture, Jepang. Ketiga kandidat terpilih tersebut akan memulai menjalankan roda organisasi secara resmi pada bulan Januari 2020 setelah proses pelantikan dan serah terima jabatan oleh Pengurus I 4 periode 2018 2020.

Ketua Umum terpilih juga akan memulai menjabat sebagai Wakil Ketua Umum mulai Oktober 2019 sampai dengan dilantik dan serah terima jabatan sebagai Ketua Umum Periode 2020 2022 pada bulan Januari 2020. Hal ini dilakukan agar terjadi transisi kepengurusan yang lancar.

Tags: , , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment