Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang pulau Mindanao, Filipina selatan, Minggu (15/12/2019). Gempa ini berpusat di 60 kilometer barat daya Davao, Mindanao. Gempa bumi di pulau terbesar kedua di Filipina itu telah menghebohkan dunia sosial.

Para warganet mengabadikan detik detik ketika guncangan terjadi di wilayah Mindanao. Dalam unggahan akun Twitter @kalangtots, tampak air di sebuah kolam renang hotel di Gensan meluap. Air tersebut membentuk ombak dan tampak seperti 'tsunami' kecil.

Gempa di Gensan. Menakutkan! Gempa di Mindanao. Amankan dirimu ," tulis @kalangtots. Sementara itu, akun Twitter @ Ashkii69539721 menggunggah sebuah video. Video tersebut menampakkan para pengunjung mal Gaisano, Davao, yang mencoba kabur keluar mal.

Mereka tampak panik. Dalam video tersebut, tampak mal yang penuh sesak dengan orang orang. Mereka berdesakan untuk bisa keluar dari mal.

Sebuah gempa dahsyat berkekuatan 6,8 skala Richter telah melanda Filipina di dekat kota Davao, dengan satu anak dilaporkan meninggal dan 14 orang terluka. Guncangan membuat penduduk setempat melarikan diri dengan panik dari rumah mereka yang rusak dan pusat perbelanjaan. Video diambil di GMALL DAVAO ," tulisnya.

Kekacauan yang terjadi di mal Gaisano tak berhenti sampai di situ. Setelah para pengunjung keluar, terjadi ledakan di mal Gaisano akibat gempa. Akun Twitter Phil News Agency, @pnagovph, mengunggah video detik detik ledakan listrik di dalam mal.

Akibat bencana tersebut, setidaknya 3 orang tewas dan 14 orang luka luka. Satu korban di antaranya adalah seorang gadis berusia enam tahun. Dilansir Al Jazeera , sebuah supermarket tiga lantai runtuh di kota Padada di provinsi Davao Del Sur, 1.000 km (621 mil) selatan Manila.

Baca:  31 Warga Indonesia di Kanto Jepang Mendapatkan Pemeriksaan Gigi Gratis

Menurut Kepala Operasi Biro Perlindungan Kebakaran, Inspektur Samuel Tadeo, setidaknya 3 orang tewas tertimpa reruntuhan. Sejumlah orang dipercaya terjebak di bawah puing puing. Sementara itu, 6 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan.

Di kota Matanao, Wali Kota Vincent Fernandez mengatakan, seorang gadis berusia 6 tahun tewas ditimpa tembok beton di rumahnya. Setidaknya 14 orang terluka atas gempa bumi tersebut. Jalan dan bangunan, termasuk kantor pemerintah setempat, rusak dan.

Listrik di kota pun padam. Namun, The Pacific Tsunami Warning Center mengatakan, tidak ada ancaman tsunami dari gempa tersebut. Dilansir CNN, menurut US Geological Survey, ada beberapa gempa susulan di provinsi terdekat, termasuk gempa berkekuatan 5.0 SR.

Namun, gempa tersebut menghantam daratan, bukan laut. Ini adalah gempa serius yang menyerang Mindanao dalam beberapa bulan terakhir. Pada Oktober, serangkaian gempa berkekuatan 6.6 dan 6.5 sempat melanda Mindanao.

Kala itu, 14 nyawa melayang dan 400 orang terluka. Berikut foto foto dampak gempa bumi di Mindanao, Filipina.

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment