Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan pencarian Helly Penerbad MI 17 Noreg HA 5138 di hari keenam terhambat awan tebal dan hujan. Karenanya, pencarian tersebut harus dihentikan dan dilanjutkan lagi esok hari. "Hingga pukul 14.30 WIT kondisi masih belum membaik bahkan cenderung semakin berawan tebal disertai hujan sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan pencarian melalui udara. Proses pencarian dihentikan sementara pada pukul 15.00 WIT dan akan dilanjutkan esok hari. Sampai dengan hari Rabu (3/7/2019) pukul 15.00 WIT proses pencarian baik melalui darat maupun udara belum menemukan tanda tanda keberadaan helly MI 17 No Reg HA 5138" kata Dax.

Dax menjelaskan, proses pencarian pesawat helly MI 17 No Reg HA 5138 pada hari ini dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIT dimulai dalam kondisi hujan di wilayah Sentani, Jayapura, sedangkan di wilayah Oksibil dilaporkan cuaca berawan. Proses pencarian oleh Tim SAR darat yang dilaksanakan di Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang melakukan penyisiran di sekitar kampung kampung yang ada di lereng pegunungan sambil mengumpulkan keterangan dari penduduk kampung. Sementara dua tim SAR darat lainnya tetap melakukan penyisiran di Distrik Airu dan Lereh, Kabupaten Jayapura.

Proses pencarian melalui udara dilakukan sebanyak satu kali penerbangan pencarian oleh satu unit helly Bell 412 No Reg HA 5185 dengan area pencarian di atas Distrik Okbape. "Setelah 40 menit melakukan penyisiran dari udara, Pilot melaporkan bahwa kondisi cuaca semakin memburuk dan jarak pandang semakin terbatas sehingga diputuskan untuk kembali ke Base di Bandara Oksibil," kata Dax.

Baca:  Prajurit TNI Yonif 411 Latih Pelajar SMP di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini Upacara Bendera
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment