Saat ini, ponsel sudah memiliki fitur yang super canggih. Produsen ponsel saling berlomba untuk memproduksi ponsel yang canggih namun juga laris di pasaran. Raksasa produsen seperti Apple dengan produk iPhone hingga berbagai merk ponsel asal China seperti Xiaomu, Vivo dan Oppo makin berinovasi agar laris di pasar.

Namun sebelum era Android dan iOs ada, jangan lupakan Nokia yang merajai ponsel pada kala itu. Bahkan hingga hari ini, belum ada yang bisa menyaingi penjualan ponsel Nokia. Ponsel Nokia pun memecahkan rekor sebagai ponsel dengan penjualan terbanyak sepanjang masa, dan belum ada yang menandingi.

Lalu ponsel apa saja yang berhasil memecahkan rekor penjualannya? Berikut ini adalah ponsel dengan penjualan terlaris sepanjang masa, dilansir oleh Android Authority. Ponsel yang terkeal denan daya tahan baterai yang super lama ini terjual higga lebih dari 150 juta unit sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007 lalu.

Padahal ponsel ini tidak memiliki kamera dan konektivitas lainnya. Namun pada waktu itu ponsel ini menjadi ponsel yang sangat laris karena daya tahan baterainya yang lama. Siapa yang tidak tahu dengan ponsel legendaris yang banyak orang bilang ini adalah ponsel yang tahan banting.

Pertama kali dikenalkan tahun 1999, Ponsel yang terkenal kuat ini laku lebih dari 150 juta unit di seluruh dunia. Kalau sebelumnya adalah jajaran ponsel legend, pada peringkat ini ditempati oleh seri iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kedua ponsel ini sukses terjual 220 juta unit sejak pertama kali dijual ke pasaran pada 2014 silam.

Kembali ke pabrikan ponsel legend, Nokia 1110 yang diproduksi tahun 2005. Memiliki bentuk simpel dan ringkas ini berhasil terjual 250 juta unit di seluruh dunia. Dengan layar yang monochrome tanpa ada kamera dan konektivitas lainnya, ponsel yang casingnya bisa di gonta ganti warna ini sukses terjual sebanyak 250 juta unit di pasar global.

Baca:  Cek Harga & Promo Cashback sampai 18 November Asus Zenfone 6 Resmi Dijual di Indonesia

Kesimpulannya, ternyata Nokia masih menjadi ponsel legend dan bahkan mengalahkan iPhone dari segi penjualannya ya. Situs untuk cek IMEI smartphone milik Kemenperin sempat tidak bisa diakses sejak awal Juli lalu. Namun pantauan KompasTekno, Rabu (7/8/2019), situs cek IMEI smartphone Kemenperin sudah bisa diakses kembali.

Sebelumnya, situs cek IMEI Kemenperin dengan URL saat diakses menampilkan pengumuman bahwa Kemenperin akan menyediakan situs khusus untuk mengecek IMEI, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Tampilan situsnya pun kini lebih menarik dengan nuansa biru, dibanding sebelumnya yang putih hijau. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal alias smartphone black market ( BM) di Indonesia, melalui nomor IMEI.

Jikanomor IMEIsebuah smartphone tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan besar ilegal. Lantas bagaimana cara mengecek IMEI di smartphonne, apakah ponsel yang Anda gunakan saat ini terdaftar (resmi) atau tidak? Pertama, tekan tombol *#06# pada keyboard smartphone.

Selanjutnya bakal muncul rinciannomor IMEIdan serial ponsel. Lalu, pengguna harus masuk ke situs Kemenperin untuk mengecek apakah IMEI itu terdaftar atau tidak melalui halamankemenperin.go.id/imei. Masukkan 15 digitnomor IMEIdari smartphone yang muncul tadi, kemudian tekan tombol "simpan".

Jika IMEI terdaftar, tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut: Sementara jika tidak terdaftar, halaman akan memberi keterangan bahwanomor IMEItersebut tidak ada dalam database Kemenperin. Pemerintah masih menggodok regulasi pemblokiran smartphone black market.

Setidaknya ada tiga kementerian yang terlibat, yakni Kemenperin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Meski peraturannya baru akan ditandatangani pada 17 Agustus, namun Dirjen SDPPI, Ismail memprediksi bahwa butuh waktu sekitar enam bulan setelah kebijakan diteken untuk kemudian diimplementasikan. Artinya jika penandatanganan kebijakan sesuai dengan jadwal yakni 17 Agustus, maka proses pemblokiran ponsel blackmarket akan dimulai pada 17 Februari 2020 mendatang.

Baca:  Realme Lagi Siapkan Smartphone Premium X2 Pro Wuih

Kendati demikian tidak tertutup kemungkinan bahwa proses pemblokiran bisa dimulai dalam waktu yang lebih cepat. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan bahwa waktu enam bulan yang diperkirakan oleh Kominfo adalah waktu paling lambat.

Tags: , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment