NASAdikabarkan sedang mempersiapkan kedatanganasteroid99942 Apophis yang akan melintasiBumipada 2029. Asteroidini adalah salah satuasteroidterbesar yang melintas begitu dekat denganBumi. Bahkan saking dekatnya, jarak antaraasteroidini denganBumilebih dekat daripada jarak satelit komunikasi denganBumi.

Sebagai perbandingan, jarak antara orbitAsteroidArpophis dengan permukaanBumiberkisar 19.000 mil atau 30.577 kilometer. Sedangkan jarak antarasatelitkomunikasi denganBumiberkisar 22.236 mil atau 36.000 kilometer. Tak sampai di situ, laju kecepatanasteroidini bisa mencapai 25.000 mph atau sekitar 40.233,6 km/jam.

Dengan kecepatan seperti itu dan ditambah diameternya yang mencapai 340 meter,asteroidini mampu meluluhlantahkanBumijika sampai menabraknya. Oleh karenanya tak heran jikaasteroidini dijuluki sebagaiasteroid'Dewa Kekacauan'.

Baca:  Peneliti Indonesia Dituntut Mampu Bersaing Secara Global Terkait Penerbitan Artikel
Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment