Siapa yang tak tahu Papua, pulau terbesar yang berada di paling timur Indonesia. Selain menyimpan potensi alam yang mempesona, Papua ternyata juga menyimpan banyak misteri. Salah satunya yakni misteri Lembah Enarotali.

Enarotali merupakan ibu kota Kabupaten Paniai dan menjadi kota paling tua peninggalan Belanda. Kota ini diapit oleh sejumlah gunung dan bukit yakni Gunung Bobairo dan Bukit Diay serta sejumlah bukit lainnya. Lembah Enarotali setidaknya dihuni oleh 150 ribu penduduk dengan empat suku besar yakni Mee, Moni, Wolani, dan Suku Dani.

Meski terkenal dengan keindahan alamnya, Lembah Enarotali ternyata menyimpan misteri yang masih belum terpecahkan yaitu misteri banyaknya pesawat yang jatuh di sana. Selain itu ada sebuah cerita yang membuat bergidik yakni kisah dari pilot sebuah pesawat AURI pada 1963. Walaupun terbang rendah 14.000 kaki, sang pilot dan awak kapalnya terjebak di lembah yang sulit ditembus tersebut.

Konon penyebab dari kecelakan tersebut dikarenakan wilayah Papua yang kebanyakan berupa dataran tinggi dan gunung membuat pilot seringkali mengambil rute di luar yang sudah disepakati demi cepatnya perjalanan. Terbang di atas lembah Enarotali sebenarnya tidak berbahaya, namun kesulitan yang seringkali terjadi yaitu bagaimana terbang melintasi rute berupa gap gap sehingga bisa menembus pegunungan dan bukit yang mengarah ke Gunung Jaya Wijaya. Masih berkisah tentang pesawat AURI, rute atau gap yang biasa dilintasi oleh para penerbang itu seringkali tertutup awan tebal sehingga jika nekat menembus, pesawat bisa menabrak tebing gunung atau bukit.

Inilah yang menambah banyaknya deretan kecelakaan yang terjadi. Rumor yang beredar, selain lembah yang sulit ditembus dan cuaca buruk, orang sering mengaitkan Papua dengan hal mistis karena di sana masih banyak suku yang hidup jauh dari modernisasi. Konon, di lembah tersebut juga masih terdapat suku kanibal yang bisa menjadikan manusia sebagai korban mereka.

Baca:  Apa Perbedaan Umrah Backpacker & Umrah Reguler
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment