Naik pesawat tak selamanya membuat penumpang merasa aman. Ada kalanya penumpang merasa takut saat terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan di pesawat. Mulai dari turbulensi, mesin rusak, pesawat hampir jatuh, dan sebagainya.

Berikut lima momen menegangkan yang pernah dialami penumpang pesawat: Penerbangan Delta Airlines hampir jatuh ketika terjun dari ketinggian 30.000 kaki dalam waktu tujuh menit, Kamis (19/9/2019). Penerbangan dari Atlanta ke Fort Lauderdale baru setengah jalan, tiba tiba turun cepat dari ketinggian 39.000 kaki menjadi 10.000 kaki.

Penyebabnya karena ketidakteraturan tekanan kabin dalam pesawat. Kejadian ini tentu saja menyebabkan penumpang panik dan takut kehilangan nyawa, bahkan telah mengucapkan kalimat perpisahan. "Kami mulai jatuh dari ketinggian, dan kemudian mengenakan masker oksigen darurat, dari bagian atas pesawat, menyebabkan kekacauan antar penumpang," kata penumpang bernama Harris DeWoskin kepada WFTS.

Asap mendadak memenuhi kabin pesawat dalam penerbangan Vueling Airlines yang berangkat dari Malaga menuju Barcelona pada Jumat (13/9/2019). Para penumpang dibuat kesulitan bernapas dengan pihak maskapai tampaknya tidak menyediakan masker gas bagi para penumpang. Salah seorang staf penerbangan bahkan hanya meminta kepada para penumpang untuk menutup hidung mereka dengan tangan sementara pesawat melakukan prosedur pendaratan darurat.

Diberitakan Daily Star, asap tersebut mulai muncul dan dengan cepat memenuhi kabin pesawat sekitar 20 menit menjelang pendaratan. Pesawat dapat mendarat dengan selamat dan para penumpang tidak mengalami cedera, meski harus turun melalui seluncuran darurat. Pesawat dari maskapai Condor Airlines yang dioperasikan Thomas Cook Airlines dilaporkan mendarat darurat di Shannon, Irlandia pada Februari 2019 lalu.

Penyebabnya karena pilot tak sengaja menumpahkan kopi di kokpit. Pesawat yang terbang dari Frankfurt, Jerman menuju Cancun, Meksiko itu mengalami kerusakan kokpit akibat kopi yang tumpah. Diberitakan Daily Mirror, pilot itu sempat mengalami kesulitan komunikasi karena kopi tumpah di panel audio.

Baca:  Rekomendasi 7 Warung Gudeg Mercon Terpedas di Yogyakarta

Tak cuma itu, panel audio menjadi panas dan mengeluarkan asap yang membuat pilot mengenakan masker oksigen dan melakukan pendaratan darurat. Pesawat Swoop Airlines rute British Columbia Edmonton mengalami mesin pesawat terbakar karena serangan burung, Selasa (10/9/2019). Menurut laporan CTV News, penumpang mendengar ledakan di bagian mesin pesawat.

"Hal berikutnya yang saya tahu saya mulai melihat nyala api keluar dari mesin. Saya juga merasakan panas yang sangat kuat," kata penumpang bernama Abu Ghanem. Kejadian mendebarkan ini membuat penumpang pasrah dan menuliskan salam perpisahan untuk orang orang terdekat. Beruntung, pesawat dapat kembali ke bandara setelah 10 menit lepas landas.

"Semua penumpang diturunkan dengan aman dan tanpa insiden. Terima kasih kepada kapten dan kru kami untuk memastikan keselamatan para penumpang kami," jelas Swoop Airlines melalui akun Twitter resmi mereka. Pesawat Cayman Airways melakukan pendaratan darurat setelah adanya dugaan asap yang muncul dari bagian pesawat, Minggu (8/9/2019). Sebelumnya pesawat Cayman Airways melakukan lepas landas di Grand Cayman, Karibia dan terbang menuju New York, AS.

Setelah melakukan penerbangan sekitar satu setengah jam, lampu peringatan di dalam pesawat menyala, menunjukkan asap di salah satu bagian kargo pesawat. Akibat muncul asap dan lampu peringatan yang menyala, pilot pun melakukan pendaratan darurat di Orlando, Florida. Seorang penumpang Cayman Airways, Jennifer Lynn menuliskan pengalamannya lewat akun Facebook miliknya Jenn Chirico.

"Kami selamat di Orlando. Cayman Airways melakukan pendaratan darurat di Orlando karena lampu peringatan menunjukkan asap di bagian depan," tulis Lynn dalam di akun Facebook miliknya. Menanggapi insiden tersebut, Presiden dan CEO Cayman Airways, Fabian Whorms mengatakan pesawat telah dihapus dari layanan. "Kami sangat sadar bahwa pendaratan darurat dan evakuasi merupakan kejadian yang menyedihkan," kata Whorms.

Baca:  Tampil Tematik, Truk Quester Armada Pengangkut BBM Ini Diganjar Rekor MURI

"Atas nama Cayman Airways, saya meminta maaf yang paling tulus kepada penumpang kami karena harus melakukan pendaratan darurat dan evakuasi untuk kepentingan keselamatan penumpang dan kru," tutupnya.

Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment