Apakah anda sering mengonsumsi mie instan dibarengi dengan nasi putih saat berbuka maupun sahur? Jika itu sering dilakukan sebaiknya mulailah menguranginya sekarang juga. Perpaduan antara mie instan dan nasi ini memang memiliki kenikmatan tersendiri, selain mengenyangkan memang tidak menguras kantong berlebih.

Tak heran jika menu mie instan campur nasu jadi favorit anak kost. Saat uang di dompet semakin menipis, mie nasi jadi pilihan. Tetapi banyak para ahli gizi yang menyarankan untuk tidak mencampur dua jenis makanan itu, karena akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Seperti dilansir dari kompas.com, ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, Samuel Oetoro mengatakan, Mie instan itu mengandung karbohidrat sama halnya dengan nasi putih biasa, tentu kalori didalamnya pun juga tinggi.

Selain itu, Samuel menerangkan kebiasaan mengkonsumsi mie instan dicampur nasi hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat. Nasi, mie instan dan telur untuk sahur. Favorit banget, tapi bahanya mana tahan. Perlu diketahui dalam satu porsi mie instan terkandung 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang.

Jadi jika satu porsi mie instan dan nasi maka terdapat banyak kalori yang masuk dalam tubuh. Padahal rata rata manusia membutuhkan 1200 1500 kalori per hari. Sehingga kalori yang banyak itu akan berubah menjadi gula. Tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

Terlebih saat puasa ini, asupan gula pada tubuh pasti meningkat karena menu takjil atau makanan pelengkap yang disajikan saat puasa banyak mengandung gula. "Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat," terangnya. Jika Anda adalah termasuk orang yang sering mengkonsumsi mie instan campur nasi putih saat berbuka ataupun sahur, maka risiko menjadi pengidap diabetes akan meningkat lagi, dibanding jika Anda banyak makan sayur dan buah.

Baca:  Wajahnya Keriput Seperti Nenek Berumur 60 Tahun, Ternyata Gadis Myanmar Ini Usianya Masih 9 Tahun

Sahur dengan nasi, mie instan dan telur, si penggoda iman di kala lapar. "Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah," tuturnya. Maka dari itu, Dr Samuel menyarankan untuk tidak mengkonsumsi mie instan dibarengi dengan nasi putih terlebih saat bulan puasa ini karena akan meningkatkan gula darah Anda. Kalau pun Anda tidak bisa secara langsung menerapkannya karena sudah terlanjur ketagihan, cobalah untuk menguranginya.

===================

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment