PembalapRepsol Honda,Marc Marquez, berpeluang menyamai rekorValentino Rossidalam adu cepat memastikan gelar juara duniaMotoGP. Seri ke 15MotoGP2019 yang akan dihelat di Thailand berpeluang menjadi panggung penobatanMarc Marquezsebagai juara dunia musim ini. Pembalap asal Spanyol tersebut untuk sementara telah menorehkan 300 poin, hasil dari 8 kali finis di posisi pertama dan 5 kali finis sebagairunner up.

Marquez mengantongi keunggulan 98 poin atas rival terdekatnya,Andrea Dovizioso(Mission Winnow Ducati), yang menguntitnya di posisi dua. Dengan lima seri tersisa, Marquez hanya perlu meraup dua poin lebih banyak daripada Dovizioso untuk membuat selisih angka mereka menjadi 100 poin. Selisih jarak tersebut mustahil untuk dikejar oleh Dovizioso dalam empat seri.

Adapun jika poinnya sama dengan Marquez pada akhir musim, Dovizioso tetap menjadi runner up karena jumlah kemenangannya (saat ini dua) kalah dari Marquez. Dengan syarat yang terbilang mudah, hampir bisa dipastikan Marquez mampu meraih gelar juara dunianya yang kedelapan di Thailand akhir pekan ini. Jika hal tersebut benar benar terjadi, Marquez bisa menyamai rekor yang Valentino Rossi sebagai pembalap paling awal memastikan gelar juara pada satu musim MotoGP.

The Doctor merengkuh titel kampiun pada musim 2005 seusai menuntaskan seri ke 13 yakni MotoGP Malaysia. Waktu itu kompetisi MotoGP masih berlangsung selama 17 seri. Kala itu, Rossi memang hanya mengakhiri balapan di posisi dua. Namun, tambahan 20 poin yang didapat sudah cukup untuk membuat Rossi tak terkejar hingga akhir musim. Catatan tersebut menjadikan The Doctor sebagai satu satunya pembalap di era MotoGP yang mampu memastikan gelar di satu musim dengan empat seri tersisa.

Kendati demikian, Marquez tidak mau larut dalam euforia. Pembalap yang akrab dengan julukan The Baby Alien ini mengaku tidak akan mengendorkan persiapannya jelang balapan di Thailand. "Persiapan kami tidak berubah. Kami akan tetap mencoba untuk tampil sekuat mungkin di sesi balapan," ujar Marquez dikutip Bolasport.com dari laman resmi tim Honda.

Baca:  Hasil MotoGP Ceko 2019: Valentino Rossi Finis Urutan ke-6, Marc Marquez Lagi-lagi Raih Podium

Pernyataan tersebut juga diamini oleh sahabat sekaligus kepala kru Marquez, Santi Hernandez. "Gelar kedelapan belum datang. Kami harus melihat balapan akhir pekan ini seperti balapan balapan lain," tutur Hernandez. Kepastian bisa atau tidaknya Marquez menyamai rekor milik Rossi itu akan diketahui saat MotoGP Thailand bergulir akhir pekan ini.

Sesuai jadwal, sesi balapan kelas utama MotoGP akan dimulai pada hari Minggu (6/10/2019) pukul 12.20 WIB.

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment