Kegiatan cuci tanganmerupakan tindakan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk ikut menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Namun, bisa jadi sebagian orang mengabaikan hal sepeletersebut. Padahal, cuci tangan setelah beraktivitas harus dibiasakan. Tidak hanya dilakukan sehari sekali, tapi harus berkali kali atau berulang ulang.

Kenapa begitu? Betapa penting cuci tangan setelah beraktivitas. Itu dilakukan supaya tidak terserang penyakit flu karena terkena virus dari luar. Malah yang lebih parah, kita bisa terserang penyakit pneumonia, adenovirus, dan penyakit pernapasan lainnya akibat lalai mencuci tangan.

Kegiatan mencuci tangan dapat mengurangi jumlah peluang sakit pilek dan penyakit pernapasan lain hingga 16 21 persen. Penyakit yang berhubungan dengan diare dapat menyerang dengan mudah pada orang yang malas mencuci tangan. Seorang praktisi pengendalian infeksi dariUniversity of Kansas Medical Center, Tanya McIntosh menyebutkan bahwa mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi merupakan hal yang penting untuk tetap menjaga kebersihan tangan.

Bakteri dari feses atau kotoran dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare termasuk keracunan bakterisalmonella, norovirus, danE. coli. Dalam memasak makanan, mencuci dianggap sebagai tahap yang paling penting untuk menghindari kontaminasi silang. Tak Tanya juga menambahkan bahwa makanan seperti daging mentah, sayuran dengan kotoran di atasnya, atau telur yang dapat mengandung bakteri berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.

Yang perlu diingat, tangan kita menyentuh banyak sekali benda setiap hari. Menyentuh mata, telinga, hidung, mulut, dan berbagai barang yang lain. Oleh karena itu, saat proses tersebut terjadi perpindahan kuman dari satu tempat ke tempat lain, khususnya di tangan kita, teman teman. Kita mengambil kuman yang telah menempel di suatu benda yang kemudian berpindah ke tangan kita.

Baca:  Waspada Jika Merasa Sakit Kepala Hingga Pinggang Pundak 6 Gejala Fisik Tanda Kamu Stres

Menurut ahli anestesi, Christian Whitney mengatakan bahwa risiko tidak mencuci tangan adalah kita bisa terkena infeksi yang berpotensi menginfeksi orang lain yang rentan atau mudah terinfeksi seperti bayi dan orang yang lanjut usia. Untuk mencegahnya, bisa dimulai dengan tidak lupa mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi atau tidak lupa mencuci tangan sebelum menyentuh makanan. Resistansi artinya adalah ketahanan. Semakin sering kita terkena penyakit diare atau penyakit penyakit yang membutuhkan antibiotik, maka tubuh kita akan semakin kebal terhadap obat ini.

Kalau tubuh kita sudah kebal terhadap obat antibiotik, ini sangat berbahaya teman teman. Karena penyakit ini jadi semakin sulit untuk diobati.Oleh karena itu, mencuci tangan adalah cara paling penting untuk mencegah tertular atau terinfeksi dari penyebaran penyakit. Cairan pembersih dan tisu pembersih memang bermanfaat, tapi teman teman jangan terlalu bergantung pada mereka.

Menurut Dr. Whitney, tidak hanya sabun yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan, tapi juga aktifitas menggosok gosokkan tangan yang membuat mencuci tangan itu jadi lebih ampuh. Kegiatan mencuci tangan harus dilakukan dengan benar, lo, teman teman. Gunakan sabun dan gosok selama 20 detik agar kuman dan bakteri yang menempel benar benar hilang, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

Pastikan kamu melakukan kegiatan mencuci tangan dengan baik dan benar.

Tags: , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment