Perhatikan pada boarding pass, pasti di dalamnya selalu ada kode yang berbeda beda. Kode tersebut memiliki arti yang berbeda beda pula. Kode pemesanan yang ada dalam boarding pass menunjukkan jenis data penumpang.

Namun ada juga beberapa kode yang menunjukkan jika penumpang berada dalam berita buruk. Seperti harus melakukan pemeriksaan ulang yang lebih ketat hingga tidak mendapatkan kursi pesawat. Agen tiket Air Canada telah mengungkapkan ada satu kode khusus yang menunjukkan jika penumpang tersebut tidak mendapatkan kursi pesawat.

Jika penumpang memiliki kode "GTE" dalam boarding pass, penumpang bisa lebih waspada. Kode "GTE" dalam boarding pass menunjukkan jika penerbangan telah oversold . "Jika seseorang memiliki kode "GTE" (untuk gerbang) di boarding pass mereka, itu berarti mereka tidak mendapatkan kursi," kata pekerja agen tiket Air Canada.

Petugas yang tidak ingin disebutkan namanya ini mengungkapkan jika agen tiket maskapai penerbangan dilarang memberi tahu penumpang bahwa tidak mendapatkan kursi pesawat. Hal ini tentu bisa membuat penumpang pesawat akan marah. Melansir dari thesun.co.uk, mantan karyawan dari maskapai Air Canada mengungkapkan bagaimana mereka dilatih untuk menyembunyikan informasi dari penumpang mengenai tiket penerbangan.

Tak hanya itu, mereka juga diajarkan untuk menyembunyikan informasi ketika penumpang menanyakan apakah mereka telah mendapatkan kursi atau belum. Mantan karyawan Air Canada tersebut menjelaskan bagaimana ia akan memberitahu penumpang bahwa mereka akan naik pesawat, meskipun sebenarnya ia tahu itu tidak akan terjadi. Kode buruk dalam boarding pass berikutnya yang harus diwaspadai adalah "SSSS".

Kode SSSS tersebut merupakan singkatan dari " Secondary Security Screening Selection ”. Jika kode "SSSS" muncul dalam boarding pass, ini berarti bahwa orang tersebut telah dipilih untuk menjalani pemeriksaan tambahan, baik di meja check in atau memeriksa ulang ID perjalanan. Melansir dari laman CNTraveler, kode SSSS pada boarding pass akan diberikan pada penumpang yang diduga sebagai teroris, penyelundup obat terlarang, atau pengidap penyakit berbahaya.

Baca:  7 Jutaan HMD Global Luncurkan Ponsel Murah Nokia Harga Rp 1

Selain beberapa kode tersebut, ada kode lainnya yang harus kamu ketahui. Diketahui, kode dalam boarding pass selalu berbeda beda, ada yang berupa angka, huruf, maupun kombinasi keduanya. Simak makna kode dalam boarding pass berikut ini:

Boarding pass pesawat yang menunjukkan huruf B, H, M atau Y, maka penumpang tersebut ada di kelas paling dasar. Keempat huruf tersebut menunjukkan penumpang duduk di kursi kelas ekonomi. Kode Q juga menunjukkan jika penumpang dalam kelas ekonomi, namun perbedaannya, kode Q biasanya adalah penumpang yang mendapatkan potongan harga.

Huruf Q merupakan satu level di bawah B, H, M, dan Y. Dan kode huruf A menunjukkan bahwa pemesan tiket ini adalah penumpang kelas pertama, selain A, F dan P juga merupakan huruf untuk penumpang dengan pelayanan istimewa. Huruf E menujukkan jika penumpang berada dalam kursi kelas ekonomi premium.

Empat huruf berikutnya yaitu J, C, I, dan D yang menunjukkan jika penumpang masuk dalam pelayanan kelas bisnis. Nomor penerbangan yang tertera pada boarding pass berisikan informasi penting dan mengungkapkan perjalanan. Mulai dari rute penerbangan hingga arah tujuan penerbangan.

Diungkapkan oleh Thesun, semakin sedikit angka yang tertera dalam boarding pass, maka semakin "bergengsi" rute perjalanannya. Biasanya pemberian nomor genap ditujukan untuk penerbangan menuju timur dan utara. Sedangkan nomor ganjil ditujukan untuk penerbangan menuju barat dan selatan.

Dua huruf yang tertera di bagian awal pada boarding pass adalah nomor penerbangan menunjukkan maskapai penerbangan apa yang kamu pakai untuk berpergian. Kode huruf ini dikeluarkan oleh International Air Transport Association (IATA) untuk memastikan tidak ada dua maskapai penerbangan yang memiliki kode yang sama. Sebagai contoh, pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia memiliki kode GA, maskapai penerbangan Citilink memiliki kode QG, maskapai penerbangan Lion Air memiliki kode JT, maskapai penerbangan Sriwijaya Air memiliki kode SJ, dan lain sebagainya.

Baca:  Kendala Bahan Bakar Jadi Alasan Volkswagen Tak Jual Golf di Indonesia
Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment