Makin kokoh dipuncak klasemen setelah mendapat 25 poin di , meninggalkan Andrea Dovisiozo diperingkat kedua. Pada seri ini Andrea Dovisiozo gagal mendapatkan poin lantaran terlibat dalam crash karambol ditikungan 10 lap ke dua. Crashtersebutmelibatkan (Repsol Honda), (Ducati), (Monster Energy Yamaha), dan (Monster Energy Yamaha).

Pada tikungan tersebut Jorge Lorenzo berusaha masuk ke gap yang ada saat Marc Marquez mendahului Andrea Dovisiozo yang saat itu diposisi pertama. Namun, Jorge Lorenzo tiba tiba kehilangan gripmenabrak Andrea Dovizioso di depannya dan Maverick Vinales di sisi luar mereka. Valentino Rossi yang berada dibelakang mereka mencoba menghindar namun gagal dan menyebabkan dia ikut tersungkur.

Karena insiden tersebut melenggang keluar sebagai pemenang di . Insidentersebut membuat Andrea Dovisiozo makin tertinggal jauh dengan Marquez yang masih kokoh di peringkat pertama klasemen 2019 dengan selisih 37 poin. Berikut klasemen sementara musim 2019 setelah race di .

Marquez bersaudara lagi lagi membuktikan bahwa mereka memang ditakdirkan untuk menjadi pebalap di kancah MotoGP. Saat balapan seri GP Catalunya yang berlangsung pada Minggu (16/6/2019), sang adik Alex Marquez berhasil memenangi level Moto2, sedangkan sang kakak Marc Marquez di level MotoGP. Ini bukan kali pertama Marquez bersaudara menjadi juara pada seri yang sama. Keduanya membukukan catatan menarik saat sama sama menjadi juara.

Sebelumnya, mereka juga melakukannya saat GP Perancis (2019), GP Catalunya (2014), dan GP Belanda (2014). Alex Marquez menjadi juara GP Catalunya 2019 dengan catatan waktu tempo 38 menit 25,678 detik. Dia mengalahkan Thomas Luthi (Dynavolt Intact GP) dan Jorge Navarro (HDR Heidrum Speed Up) yang secara beruntun finis kedua dan ketiga. Alex Marquez pun mengukir rekor hat trick kemenangan dalam tiga balapan terakhir.

Baca:  Hasil WSSP300 Misano : Galang Hendra Harus Relakan Podium di Detik-detik Akhir Balapan

Sebelumnya, Alex Marquez juga menjuarai Moto2 Perancis 2019 dan Moto2 Italia 2019. Sementara itu, sang kakak Marc Marquez memenangi balapan MotoGP dengan mengungguli Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Danilo Petrucci (Ducati Team). MotoGP berlangsung penuh drama karena banyak insiden jatuh yang terjadi, di antaranya melibatkan empat pebalap papan atas sekaligus yakni Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales.

Bagi Marc Marquez, ini adalah kali kedua ia juara di Catalunya. Sebelumnya, dia berdiri di podium tertinggi di sana pada tahun 2014. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Catalunya. Tampil di Sirkuit Catalunya Barcelona, Minggu (16/6/2019), Marquez sukses mengungguli Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Danilo Petrucci (Ducati Team).

Ini adalah kali kedua Marquez juara di sirkuit ini pada kelas MotoGP. Sebelumnya, pebalap 26 tahun itu pernah menang saat tahun 2014. Balapan MotoGP Catalunya berlangsung penuh drama lantaran banyak terjadi insiden jatuh. Bahkan, saat balapan menyisakan 23 putaran, terjadi insiden jatuh massal di tikungan 10 yang melibatkan empat pebalap papan atas.

Keempat pebalap yang terlibat insiden itu yakni Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Jorge Lorenzo (Repsol Honda). Insiden ini diawali dengan terjatuhnya Jorge Lorenzo, tetapi kemudian ia juga membuat tiga pebalap lainnya mengalami hal serupa. Keempat pebalap itu pun terpaksa menelan pil pahit. Mereka dinyatakan tidak dapat melanjutkan balapan.

Kejadian tersebut jelas menjadi kerugian bagi Andrea Dovizioso yang sebenarnya sempat memimpin jalannya balapan. Adapun Maverick Vinales berada di urutan ketiga, Jorge Lorenzo di posisi keempat, dan Rossi di peringkat keenam. Alhasil, posisi pertama diambil alih oleh Marquez, sedangkan peringkat kedua dan ketiga Petrucci dan Fabio Quartararo.

Baca:  Valentino Rossi Masih Berpikir Gimana Caranya Supaya Ban Motornya Tidak Cepat Rusak

Saat balapan tersisa 11 putaran, Alex Rins sukses menyodok ke posisi kedua. Ia berhasil menyalip Quartararo dan Petrucci. Namun, posisi itu tak bertahan terlalu lama. Ketika 7 lap tersisa, Rins kehilangan keseimbangan saat melewati tikungan 1. Rins pun harus rela menerima kenyataan melorot ke posisi ketujuh. Adapun posisi kedua dan ketiga kemudian diambil alih Quartararo dan Petrucci.

Di urutan terdepan, Marc Marquez semakin jauh meninggalkan kejaran para pesaingnya. Ia berupaya sekonsisten mungkin menjaga posisinya. Marc Marquez akhirnya paling pertama melewati garis finis, lalu diikuti oleh Quartararo dan Petrucci. Berikut cuplikan crash Jorge Lorenzo yang membuat tiga pebalap top jatuh:

Tags: , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment