WadukSurilangdi Kramat Gedong,PasarRebo mengalami pendangkalan namun belum dikeruk karena terkendala berbagai hal. Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA)JakartaTimurMustajab mengatakan sedikitnya ada empat waduk yang mengalami pendangkalan dan belum dikeruk karena masalah akses masuk alat berat. "Di antaranya Surilang, Waduk Rawa Bambon, Waduk Haji Dogol, Waduk Penganten Ali, dan Waduk Cendrawasih. Semua akibat akses jalan kurang, kita lagi cari cara gimana alat berat bisa masuk," kata Mustajab di Jatinegara,JakartaTimur, Kamis (4/4/2019).

Lantaran terbentur masalah akses, Mustajab mengaku PemkotJakartaTimurbelum dapat memastikan kapan empat waduk yang semuanya terletak di dataran rendah itu dikeruk. Untuk sekarang, Suku Dinas SDAJakartaTimurbaru dapat mengeruk dan melakukan naturalisasi di Waduk Pulomas dan Embung Cakung Timur yang akses masuk alat beratnya mudah. "Kalau pengerukan yang kita lakukan yang bisa kita masukin alat, seperti embung Cakung Timur. Itu baru selesai, mungkin minggu minggu ini alat kita tarik. Terus embung sejuk, itu sudah selesai. Tinggal naturalisasinya. Terus Pulo Mas rencananya akan kita lakukan pengerukan," ujarnya.

Menyiasati kendala pengerukan, Mustajab menyebut PemkotJakartaTimurbakal melakukan naturalisasi atau penanaman pohon yang mampu menyerap air sehingga debit air berkurang. Namun dia tak merinci seberapa efektif penanaman pohon itu dapat mengurangi banjir mengingat lima lokasi waduk yang disebut Mustajab merupakan dataran rendah atau rawan banjir. "Kita naturalisasi saja, karena alat tidak masuk kita bikin naturalisasi. Kita konservasi pakai penanaman pohon, membuat sumur resapan, tapi belum mulai," tuturnya.

Sebelumnya, pendangkalan di Waduk Surilang dikeluhkan warga karena kedalamannya kini tak sampai selutut orang dewasa namun tak kunjung dikeruk meski sudah diusulkan warga lewat Musrembang. Andri (80), satu warga Kelurahan Gedong mengatakan pengerukan terakhir yang dilakukan PemkotJakartaTimurpada tahun lalu tak membuahkan hasil karena hanya dilakukan di bagian tepi. "Yang kemarin itu cuman merapikan bagian pinggir. Bekonya juga kecil, beda sama pas tahu 2012. Kalau pas tahun 2012 bekonya besar, habis dikeruk itu kedalaman air sekitar 1,5 meter. Makannya habis dikeruk itu enggak banjir lagi," keluh Andri.

Baca:  Rahasia Memilih Tempat Duduk yang Nyaman di Pesawat
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment