Setelah sempat tutup karena terdampak peristiwa kebakaran hutan lahan (Karhutla), daerah wisata kawasan Kawah Putih di Jawa Barat dibuka kembali. "Sudah, hari ini sudah resmi dibuka lagi," kata Adm Perhutani Bandung Selatan, Tedi Sumarto, melalui pesan singkat, Minggu (13/20/2019). Kawasan Kawah Putih dibuka lagi setelah petugas gabungan memastikan kebakaran di kawasan tersebut telah padam.

Sebelumnya, petugas gabungan telah melakukan penyisiran dan pemadaman secara manual. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah mengerahkan satu unit helikopter untuk melakukan pengeboman air di kawasan yang terbakar. Helikopter tersebut membawa sekitar 4.000 liter air yang diambil dari Sungai Cisangkui Babakan Cianjur, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung untuk dijatuhkan di titik api di kawasan tersebut.

Pengeboman dengan air dilakukan sebanyak 25 kali. Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan memastikan, api di kawasan wisata Kawah Putih telah padam. "Kemarin sore hasil rakor BPBD di Lanud Suleman, untuk kawasan Kawah Putih sudah padam apinya. Tidak ada masalah lagi, dan ketua BPBD Kabupaten Bandung konferensi pers bisa dibuka untuk wisata kembali," kata Indra.

Pembukaan lokasi itu dilakukan hari ini. Wisatawan dapat kembali berwisata ke lokasi tersebut. Akibat kebakaran hutan, wilayah yang terbakar di Gunung Malabar mencapai 26 hektar, sedang di Kawah Putih mencapai 16,5 hektar.

Menurut Perhutani, luas lahan yang terbakar saat ini relatif lebih kecil dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu kurang lebih total 50 hektar di beberapa titik, sementara saat ini masih di bawah 50 hektar.

Baca:  Pria di Surabaya Ini Lamar Pakai Motherboard & VGA Calon Istri senang Main Game
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment