Maskapai berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia menyediakan diskon 50 persen untuk harga tiket pada 62 rute penerbangan domestik setiap Selasa, Kamis, Sabtu pukul 10.00 14.00 waktu setempat. Kebijakan ini diambil mengacu pada kesepakatan yang dibuat maskapai ini dengan pemerintah, pengelola bandara, penyedia jasa navigasi, hingga penjual avtur yang diberlakukan sejak Kamis (11/7/2019) kemarin. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menjelaskan, pada hari pertama sejak diterapkan, Citilink baru menyediakan tiket pesawat diskon untuk 34 penerbangan dari 62 penerbangan yang dijanjikan.

Hal ini karena sebagian tiket penerbangan sepenuhnya sudah dipesan atau booked dari jauh jauh hari sebelumnya. "Pola reservasi tiket di LCC itu mereka ada gap waktu antara date of issued dan date of travelling. Sehingga memang banyak flight sudah penuh kemarin hanya tersisa 34 flight. Dari situ yang dapat diskon sebanyak 411 kursi," papar Susiwijono. Untuk penjualan tiket pesawat dengan diskon 50 persen, Citilink menerapkan skema sub classes. Ada dua kategori tiket pesawat yang dijual, yakni harga diskon 50 persen dan harga normal.

Untuk harga jual tiket pesawat yang didiskon, anak perusahaan Garuda Indonesia itu menggunakan prinsip "first come, first served." Dengan begitu, penumpang yang melakukan pemesanan tiket lebih awal akan mendapatkan diskon. "Jadi dulu duluan kuota kursi yang didiskon itu 30 persen dari setiap penerbangan. Pihak Citilink beri kode khusus buat 'BCLN' nanti di tiketnya kalau ada itu berarti didiskon 50 persen," jelas Susiwijono. Demi menghindari penyalahgunaan diskon tiket pesawat ini, Citilink mengenakan biaya bagi penumpang yang merevisi data penumpang.

"Takutnya ada yang memblok tiket banyak kan. Klau ubah nama, dan data lainnya dikenakan biaya lebih mahal. Itu teknisnya. Intinya unfuk aamankan 30 persen ini tidak disalahgunakan mereka punya condition sendiri," pungkasnya.

Baca:  LAPSPI Dorong Industri Perbankan Mitigasi Risiko Hukum untuk Cegah Moral Hazard
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment