Menggunakan toilet umum saat bepergian menjadi perhatian penting untuk sebagian orang. Kita tidak pernah tahu apakah toilet yang kita gunakan benar benar bersih karena telah digunakan banyak orang secara bergantian. Untuk menghindari tertular bakteri, biasanya kita membawa semprotan antiseptik untuk toilet atau membilas tepi toilet duduk sebelum digunakan. Rupanya, menutupi dudukan toilet dengan tisu tidak mencegah mikroba menempel ke kulit kita. Meski kita sudah menyiram toilet hingga bersih, bakteri tinja sebenarnya sudah menyebar melalui udara dan hingga di semua benda di sekitar toilet. Termasuk di antaranya dinding toilet, gagang pintu, bahkan tisu gulung di toilet. Jadi, jika kamu menutup semua permukaan dudukan toilet dengan tisu, itu hanya sia sia. Penyebaran bakteri bisa dicegah jika kita menutup toilet setelah menggunakannya. Di beberapa toilet umum, biasanya ada pelindung pada tisu gulungnya. Jika memang kamu ragu duduk toilet umum, kamu tidak perlu menempelkan kulit pada dudukan sehingga kemungkinan terkena bakteri lebih kecil. Toilet duduk ternyata bukan satu satunya tempat paling kotor di toilet. Tak banyak orang menyadari bahwa "yang paling sering disentuh lah" yang menjadi bagian paling kotor di toilet. Misalnya gagang pintus, gulungan tisu toilet, hingga selang penyemprot di toilet.

Apakah kamu berpikir mengeringkan dengan tisu toilet membuatmu bersih? Rupanya, tisu toilet umum tidak benar benar bersih. Kertas tisu mudah menyerap udara lembab di sekitarnya sehingga tanpa kita sadari bakteri mudah menempel di permukaan tisu. Jika traveler ingin benar benar aman dari bakteri saat menggunakan toilet umum, bisa membawa tisu sendiri saat bepergian. Meskipun kamu tidak menggunakan toilet duduk, sebaiknya tetap mencuci tangan dengan sabun usai menggunakan toilet umum. Kita tidak pernah tahu benda apa saja yang sudah kita sentuh dan banyak dihinggapi bakteri. Setelah mencuci tangan, jangan menyentuh keran di toilet umum. Gunakan tisu atau kertas toilet untuk mencegah mikroba kembali ke tanganmu. Setelah menggunakan toilet umum, hindari mengusap mata atau wajah. Traveler juga sebaiknya tidak meletakkan benda apapun di lantai atau dekat wastafel di toilet umum.

Baca:  Langkah Mudah Membuat Asuransi Visa Schengen Melalui Traveloka
Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment