Sering terlihat ibuhamilyang mengemudikan mobil. Pasti sering timbul pertanyaan dan rasa khawatirsoal kondisiibuhamilsaat menyetir. Apakah aman dilakukan mengingat kondisi tubuhnya tak sama dengan perempuan yang takhamil. Apalagi jika melewati jalan yang bergelombang, sepertitol layangJapek.

Meskipun kondisi tubuh ibuhamilsehat, tak ada komplikasi,dan boleh boleh saja menyetir, tapi ingat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dari sisi kesehatan. Sebenarnya berapa si batas usia ibu hamil jika membawa kendaraan sendiri? "Tidak ada batasan berapa minggu. Yang pasti ibu hamil harus bisa konsentrasi dan duduk nyaman untuk menyetir," kata dr. Liva di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Ia juga menyarankan, sebaiknya menghindari menyetir untuk jarak jauh atau waktu yang lama agar tak kelelahan. Selain itu, duduk di jok mobil dalam waktu lama juga membuat sirkulasi darah tak lancar dan bisa muncul nyeri pada punggung. Liva mengaku, kalaupun ada mual muntah yang menganggu, pendarahan, kontraksi, nyeri pinggang, atauhamilbesar sehingga menghalangi pasien untuk menyetir dengan nyaman lebih baik tidak menyetir sendiri.

"Prinsipnya, kalau memang tidak harus menyetir, lebih baik jadi penumpang saja," tutupnya.

Baca:  AHM Adakan Honda Ramadan Fest 2019, Telah Hadir di 28 Kota
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment