Bulan Ramadan telah tiba dan disambut antusias oleh umat Muslim di seluruh dunia. Meski sebulan berpuasa makan dan minum, kreativitas dan aktivitas tak boleh kendur. Bekerja dan berkreativitas harus jalan terus. Kalau perangkat kerja macam laptop dan perangkat pendukungnya sudah mulai kalah cepat dengan ide ide yang mengalir deras, tak ada salahnya melakukan peningkatan pada bulan Ramadan ini. Berbagai jenis laptop dengan kemampuan mumpuni kini sudah tersedia di market.

Para vendor laptop terus berlomba untuk meluncurkan produk terbarunya dengan berbagai spesifikasi, tipe, dan seri tertentu. Bahkan ada produsen yang meluncurkan 10 hingga 20 seri dan tipe laptop dalam rentang tiga bulan (satu kuartal). Masalahnya, terlalu banyak pilihan justru bisa membingungkan konsumen awam untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada risiko salah pilih sehingga alih alih mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhannya, pembeli justru bisa kecewa karena tidak sesuai harapan. Entah itu spesifikasinya terlalu rendah atau malah terlalu tinggi sehingga mubazir. Agar tak salah pilih, berikut ini kenali empat tipe laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda: Laptop ini paling banyak digunakan karena dirancang untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi standar dengan lancar, termasuk untuk multitasking.

Oleh karena bertipe serbaguna, laptop ini biasanya tidak memiliki fitur khusus/istimewa (kecuali level high end/premium) dan memiliki kinerja (CPU, GPU, baterai) yang rata rata. Keuntungannya, laptop mainstream umumnya berada pada kisaran harga relatif terjangkau (di bawah Rp10 jutaan), sehingga mayoritas pengguna masih dapat membeli laptop yang cukup layak untuk mendukung aktivitas kesehariannya. Aplikasi yang dijalankan mulai dari Office (pengolah data, tabel, word, database, dan lain lain), pengolah gambar/desain, game minimalis atau game 3D graphics sederhana.

Baca:  Riset Open Signal Sebut Kecepatan Download Samsung Lebih Kencang dari iPhone dan Huawei

Mengingat kebutuhannya hanya untuk menjalankan aplikasi standar, seperti browsing, memutar audio/video, mengerjakan tugas di sekolah/kampus/kantor, notebook ini tidak butuh spesifikasi hardware yang tinggi. Rekomendasi: Lenovo Ideapad 330, Asus Vivobook series, Dell Inspiron series, dan HP Joy 2. Jenis notebook/laptop ini dapat diketahui dari kemampuannya bertransformasi dari laptop standar menjadi sebuah tablet atau mode lainnya. Ada laptop dengan layar yang dapat dilepas, ada juga yang dapat dilipat hingga menjadi tablet.

Laptop ini cenderung tipis dan ringan (dengan bodi material berkualtias tinggi), serta baterai berdaya tahan lama (hemat). Laptop jenis ini cocok digunakan pengguna dengan mobilitas tinggi. Pengguna juga mendapat keleluasaan anggaran dalam memilih laptop ini karena kisaran harga yang cukup bervariasi (antara Rp5 jutaan hingga Rp10 jutaan).

Rekomendasi: Lenovo Yoga series, HP Envy 13, Dell, dan Acer Swift 3. Salah satu ciri dari laptop ini adalah spesifikasinya yang mumpuni untuk mendukung proses kreatif dari seorang desainer, spesialis CAD, atau content creator lainnya saat menjalankan aplikasi khusus. Baik yang melibatkan editing gambar, audio, video, rendering animasi grafis, coding program, dan lain sebagainya.

Spesifikasi hardware laptop jenis ini tidak kalah gaharnya dari laptop gaming. Syarat ideal spesifikasinya mulai dari CPU Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7, memori/RAM 16 GB, Nvidia GeForce GTX1050M, HDD 1 TB, SSD 512 GB, hingga layar IPS minimal 15 inci dengan resolusi Full HD (1080p). Rekomendasi diantaranya HP Spectre, Dell XPS series, Macbook Pro, Asus ZenBook, dan Acer Aspire series. Jenis laptop satu ini sudah pasti akan menjadi pilihan utama seorang gamer yang sebagian besar waktunya digunakan untuk bermain game game 3D berat (GPU/graphics intensive game).

Baca:  Fitur Keamanan yang Bikin Ojol Nggak Bisa Tipu-tipu Face Verification

Ciri utama laptop gaming adalah kinerja CPU dan grafis tinggi/cepat, bekerja stabil, tampilan layar detail, jernih, dan tajam, sistem audio mumpuni, dan bertubuh bongsor. Meski laptop gaming kelas entry dan mid level juga tersedia dengan harga yang lumayan terjangkau, seorang gamer sejati biasanya cenderung memilih laptop gaming di kelas high end. Dengan kata lain, harga bukan masalah! Spesifikasi hardware laptop gaming yang tergolong tinggi, adalah: mulai dari prosesor/CPU Intel Core i7/i9 atau AMD Ryzen Mobile 7/9, RAM 8 32 GB, discrete GPU NVIDIA GeForce (GTX 1050, 1060, 1080) atau AMD Radeon RX (480, 560, 580), storage media HDD (Hard Disk Drive) 1 TB dan SSD (Solid State Drive) 512 GB, layar mulai dari 15 inci dengan resolusi Full HD atau bahkan UHD, hingga dilengkapi dengan sistem pendingin optimal/khusus agar tetap stabil saat menjalankan game berjam jam.

Untuk mendapatkan semua itu, penggguna harus menyiapkan anggaran besar demi sebuah kenyamanan bermain game. Kisaran harganya muai dari Rp 20 jutaan hingga Rp 40 jutaan. Rekomendasi: Asus ROG, Acer Predator, Lenovo Legion, dan MSI. Dengan mengetahui gambaran jenis jenis laptop di atas, mulai dari spesifikasi standar hingga canggih, pembeli diharapkan tidak bingung lagi menentukan laptop mana yang sebaiknya dipilih sesuai kebutuhannya. Disarankan untuk tidak memilih laptop yang terlalu murah demi menekan budget atau terlalu mahal karena tergoda spesifikasi dan fitur lengkap.

Beda aktivitas, tentu beda jenis laptop nya. Bagi pengguna yang sering bekerja di luar kantor atau rumah, direkomendasikan memilih noteboook berdimensi minimalis, ringan, dan ergonomis agar mudah dibawa bawa kemana saja. Nah, segala kebutuhan akan laptop itu bisa didapatkan melalui JD.ID. Apalagi JD.ID punya kejutan khusus “JD THR” pada bulan Ramadan ini. Pada periode 8 9 Mei 2019, salah satu e commerce terbesar di Tanah Air itu akan menggelar “Traktiran Tekno” JD.ID yang menawarkan berbagai kategori laptop dengan harga menarik bagi para pembeli online.

Baca:  Seri Tablet Terbaru Keluaran Huion Sasar Segmen Pemula hingga Profesional

Tidak kalah seru, 400 pembeli pertama yang berbelanja produk produk tertentu yang dijual dalam “Traktiran Tekno” berkesempatan untuk mendapatkan voucher JD Travel hingga Rp 500.000!

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment