Beda Sikap Politik Terhadap Jokowi, Begini Potret Fahri Hamzah, Fadli Zon dan Adian Napitupulu semasa jadi aktivis Muda Meski beda sikap politik terhadap Jokowi, Fahri Hamzah, Fadli Zon dan Adian Napitupulu sama sama aktivis jalanan pada masanya. Berikut potret aktivitas mereka semasa jadi aktivis muda ……..

Belum lama ini aksi demo mahasiswa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyita perhatian publik. Tokoh tokoh mahasiswa sempat muncul, mulai dari Manik Marganamahendra selaku Ketua BEM UI, Muhammad Atiatul Muqtadir Ketua BEM UGM, Dinno Ardiansyah Ketua BEM Trisakti, dan Royyan A Dzakiy Presiden Keluarga Mahasiswa ITB. Mereka adalah aktivis mahasiswa yang muncul saat aksi demo menolak RKUHP dan RUU KPK.

Baru baru ini beredar foto lawas para tokoh politik. Mereka yang dulunya mahasiswa, juga menjadi aktifis dan pernah melakukan aksi demo. Siapa saja mereka?

Nama Fahri Hamzah mulai dikenal publik sejak reformasi bergulir awal 1998. Laki laki kelahiran Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tanggal 10 Nopember 1971 ini merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Kini Fahri Hamzah menjabat sebagai anggota DPR sekaligus sebagai Wakil Ketua DPR RI 2014 2019.

Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971 adalah putera pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Zon Harjo dan Ellyda Yatim. Kedua orangtuanya berasal dari Minangkabau, Payangkumbuh, Sumatera Barat. Fadli Zon memulai kariernya sejak di bangku kuliah dengan bekerja di dunia kewartawanan dan penulis lepas di media.

Begitu banyaknya pengalaman yang ia miliki di dunia jurnalistik, membuat pengetahuannya tidak perlu diragukan lagi. Kini Fadli Zon menjabat sebagai anggota DPR sekaligus sebagai Wakil Ketua DPR RI 2014 2019. Adian Yunus Yusak Napitupulu atau biasa dikenal dengan Adian Napitupulu adalah seorang anggota DPR dari PDI Perjuangan.

Baca:  Puyeng Kepala Gue! Krisjiana Baharudin Bongkar Malam Pertamanya dengan Siti Badriah Kesal Diganggu

Sebelum menjadi politisi, Adian lebih dulu dikenal sebagai seorang aktivis politik dan pergerakan mahasiswa dengan sebutan parlemen jalanan yang digagasnya. Manik Marganamahendra, menjadi sorotan saat berkecamuk. Ketua BEM UIinimelayangkan mosi tidak percaya di hadapan anggota yang ditemuinya bersama ketua BEM universitas lain.

Berikut fakta fakta menarik seputarKetua BEM UI, . Sosok Ketua BEM Universitas Indonesia (UI), tengah menjadi sorotan akhir akhir ini. Ketua BEM UI jadi sorotan setelah videonya melayangkan mosi tidak percaya kepada viral di media sosial.

Mosi tidak percaya disampaikanManik Marganamahendra pada Senin 24 September 2019 lalu. Sebelumnya, para mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menolakrevisi Kitab Undang Undang Hukum Pidana ( RKUHP), pengesahan revisi UU KPK, dan lainnya oleh . Beberapa mahasiswa yang berunjuk rasa kemudian diterima untuk melakukan audiensi.

Manik Marganamahendra jadi salah satu diantaranya. Manik Marganamahendra pun melontarkan beberapa kritikan di depan anggota . Kritikannya itu langsung menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Lantas, siapakahManik Marganamahendra? Manik Marganamahendra menjabat sebagai sejak Desember 2018. Manik Marganamahendra sendiri merupakan mahasiswa jurusan S1 Kesehatan Masyarakat FKM UI angkatan 2015.

Seperti dilansir dari akun Instagramnya,Manik Marganamahendra kerap melakukan aksi unjuk rasa. Ia pernah melakukan aksi demonstrasi mengenai isu isu sepertipelemahan KPK, Rancangan Kitab Undang undang Hukum Pidana (RKUHP) dan isu kekerasan di Papua. Manik Marganamahendra merupakan mahasiswa yang berasal dari Bogor.

Ia mengenyam pendidikan dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bogor. Tercatat Manik pernah menempuh pendidikan diSD Negeri Semeru 1 Bogor, SMP Negeri 4 Bogor dan SMA Negeri 1 Bogor. Sebelumnya, juga pernah melakukan audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Di hadapan Bima Arya, Manik mengungkapkan bagaimana media sosial berpengaruh besar dalam kehidupan anak muda Indonesia. Saat masih duduk di bangku sekolah,Manik Marganamahendra ternyata juga pernah menjadi anggota Paskibra. Manik sempat menjabat sebagai Pengurus Purna Paskibra Bogor.

Baca:  Ini Reaksi Saksi BPN Saat TKN Ajak Berpelukan Setelah KPU Umumkan Hasil Pilpres, Peserta Rapat Heboh

Manik menjabat sebagaiPengurus Purna Paskibra Bogor pada tahun 2013 lalu. ManikMarganamahendra ternyata sudah aktif berorganisasi sejak kecil. Diketahui, ia mengikuti kegiatan Pramuka, english club dan dokter kecil saat masih SD.

Beranjak SMP, ia juga mencoba mengikuti kegiatan Pramuka, OSIS dan tim Olimpiade Biologi. Manik pun semakin aktif berorganisasi ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). ManikMarganamahendra disebut bergabung dengan sejumlah organisasi di perguruan tinggi.

Ia pernah bergabung dengan Model United Nations Club, Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FKUI, tim debat FKM UI untuk OIM UI 2015. Selain itu, ia juga bergabung diIkatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI). Sebelum menjadi , ManikMarganamahendra pernah menjabat sebagaiKetua BEM IM FKM UI 2018.

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment