Calon wakil presiden nomor urut 02 di Pilpres 2019, Sandiaga Uno mengibarkan bendera setengah tiang. Hal tersebut dilakukan Sandiga Uno di depan halaman rumahnya, tengah malam, pada Rabu (11/9/2019). Momen tersebut dibagikan Sandiaga Uno, di media sosial Twitternya yang telah terverifikasi.

Setelah selesai mengibarkan bendera setengah tiang, Sandiaga Uno dan sejumlah rekannya memberikan hormat. Sandiaga Uno mengatakan pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada presiden RI ketiga BJ Habibie. BJ Habibie diketahui meninggal dunia, pada Rabu (11/9/2019), di RSPAD Gatot Subroto.

Namun sikap Sandiaga Uno yang mengibarkan bendera setengah tiang pada tengah malam, mendapatkan kritikan. Salah seorang netizen beranggapan bendera Merah Putih hanya boleh dikibarkan pada siang hari. "Maaf bang sandi kalo di UU Nomor 24 tahun 2009 tentang, Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan pengibaran hanya dari matahri terbit sampai tenggelam"

"Dalam hal hal yang luar biasa, yaitu pada waktu seluruh nusa dan bangsa sangat bergembira atau sangat berduka cita atau untuk mengobat ngobarkan semangat membela tanah air, maka Pemerintah dapat menentukan menyimpan dari yang tersebut dalam ayat 1" Sandiaga Uno kemudian juga mengajak seluruh masyrakat Indonesia untuk ikut mengibarkan bendera setengah tiang. Hal tersebut dmei mengingat jasa jasa yang telah diperbuat mendiang BJ Habibie semasa hidup.

"Saya juga ingin mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta mengibarkan bendera setengah tiang untuk mengenang jasa jasa yang telah Almarhum berikan untuk Bangsa ini," tulis Sandiaga Uno. Di mata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Presiden ke 3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan seorang tokoh pembaharuan. Hal itu diungkapkan Sandi ketika melayat ke rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Baca:  KPK Butuh Keterangan Seorang Perempuan Terkait Kasus Bowo Sidik Pangarso, Siapa Dia?

"Atas nama pribadi dan rakyat Indonesia, kita kehilangan bapak bangsa, bapak demokrasi, bapak ilmu pengetahuan dan teknologi, bapak iman dan takwa," ujar Sandi. Di rumah duka, Sandi mengaku sempat berbincang dengan anak BJ Habibie, Ilham Habie. "Beliau meminta semua mendoakan. Insya Allah Pak Habibie khusnul khotimah dan diterima di sisi Allah," kata dia.

Ketika BJ Habibie menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, ia mengatakan sempat menjenguknya. Sandi pun mengungkapkan perbincangan terakhirnya dengan BJ Habibie. "Saya panggilnya Om Rudi. Om Rudi selalu beri motivasi bahwa kemajuan bangsa ini ada di tangan kita sendiri. Kita harus mampu untuk menangkap peluang dengan teknologi, dengan pendekatan merajut tenun kebangsaan," pungkas Sandi.

Tags: , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment