Kabar menakjubkan datang dari dunia sains setelah sejumlah ilmuwan dari segeala penjuru dunia serentak mengumumkan penampakan pertama Lubang Hitam atau yang jamak dikenal sebagai Black Hole. Gambar inti gelap dengan lingkaran gas dan plasma berwarna oranye api tersebut menunjukkan lubang hitam supermasif yang berjarak 55 juta tahun cahaya dari tata surya kita. Lubang hitam tersebut berlokasi di galaksi yang dikenal sebagai M87.

Lubang hitam merupakan 'monster' yang melahap segala sesuatu yang ada di semesta dan penampakannya selama ini dikaburkan oleh perisai gravitasi yang tidak dapat ditembus. Kini melalui proyek Event Horizon Telescope, penampakan lubang hitam yang selama ini menjadi misteri akhirnya terungkap. Perlu diketahui sebelumnya, proyek Event Horizon Telescope untuk mengungkapkan lubang hitam tersebut pertama kali digalakkan pada April 2017.

Proyek ini ditandai dengan bedirinya delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia yakni di Hawaii, Arizona, Spanyol, Meksiko, Chili, dan Kutub Selatan. Teleskop radio tersebut diprogram untuk merekam dan mengumpulkan data dua lubang hitam di dua sudut semesta. Direktur Event Horizon Telescope (EHT), Shep Doeleman turut pula menjelaskan foto lubang hitam atau Black Hole untuk kali pertama dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Washington, D.C. pada Rabu (10/4/2019).

"Kita telah melihat, apa yang kita pikir tidak bisa kita lihat. Kita telah melihat dan memotret lubang hitam (Black Hole) ," ungkapnya dalam acara tersebut. Dalam unggahan resmi di Twitter EHT, dijelaskan jika para ilmuwan telah berhasil mendapatkan foto pertama Black Hole atau lubang hitam menggunakan EHT dengan pengamatan pada pusat galaksi M87. Gambar lubang hitam atau black hole di atas menunjukkan cincin terang yang berbentuk lengkungan cahaya di dalam gravitasi yang kuat di sekitarnya.

Baca:  LAPAN Beberkan Fakta Sesungguhnya di Balik Fenomena Langit Malam Berbentuk Mata yang Sempat Viral

Lubang hitam tersebut berukuran 6.5 miliar kali lebih besar daripada matahari. European Commission (EC) juga turut berbangga atas capaian ini. Melalui Twitter mereka, EC juga menyampaikan, "Gambar#RealBlackHoleadalah hasil kolaborasi Event Horizon Telescope yang berskala besar, di mana para peneliti yang didanai oleh Uni Eropa terut berperan penting (di dalamnya)."

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment