Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama akan dimulai besok, Jumat (1/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019). UTBK merupakan persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar setelah SNMPTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat.

Selain itu juga peserta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Soal soal ujian yang digunakan dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Keunggulan yang pertama, tes dilakukan lebih dari satu kali.

Yang kedua, peserta bisa mengikuti maksimal dua kali tes. Kemudain hasil tes akan diberikan secara individu sepuluh hari setelah pelaksanaan tes. Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi dua, yang pertama kelompok Sains dan Teknologi (Sanitek).

Bagi peserta kelompok Sanitek materi yang akan diujikan meliputu Tes Potensial Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA) Sanitek, yakni Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan yang kedua kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum). Untuk kelompok ini materi ujian berupa TPS dan TKA Soshum meliputi Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Pendaftaran UTBK : 01 Maret – 01 April 2019 Pelaksanaan UTBK : 3 April – 26 Mei 2019 Pengumuman Hasil UTBK : Paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

Untuk dapat mengikuti UTBK para peserta dikenakan biaya Rp 200 ribu untuk satu kali tes. Biaya tersebut dapat dibawyarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN. Sebagai informasi, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Berbeda dengan peserta umum, untuk calon peserta jalur Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak akan dipungut biaya.

Baca:  Workshop Karier PT MUM untuk Siapkan Siswa SMK Masuki Dunia Kerja
Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment