Tak sedikit perempuan yang mengalamipayudara bengkak beberapa hari setelah mereka bersalin atau melahirkan. Saat mengalamipayudara bengkak, maka payudara akan terasa lunak dan sakit. Payudara bengkaktak selalu terjadi pada kedua payudara, bisa jadi hanya di satu payudara atau disebut asimetris. Namun Anda tidak perlalu khawatir akan hal ini, karena rasa tidak nyaman daripayudara bengkakbisa hilang begitu saja ketika mulaimenyusui teratur.

Sebaliknya, jikaAnda tidak menyusui, maka rasa sakit akibat pembengkakan payudara bisa bertahan sampai payudara berhenti produksi susu, biasanya dalam beberapa hari. Apabila Anda mengalami payudara bengkak,dilansir dari lamanMarch of Dimes, inilah hal yang dapatAnda lakukan untuk mengatasinya. Usahakan untuk tidak melewatkan waktu menyusui atau menghabiskan waktu lama di antara waktu menyusui. Jangan lewatkan menyusui bayi, khususnya saat malam hari.

Sebelum Anda menyusui bayi, pancing sedikit susu dari payudara dengan menggunakan pompa payudara atau dengan tangan. Mandilah dengan air hangat atau letakkan handuk hangat di payudara untuk membantu ASI mengalir. Jika pembengkakan payudara benar benar menyakitkan, taruh bungkusan dingin di payudara.

Jika payudara bocor di antara waktu menyusui, simpan bantalan lembut khusus menyusui di bra agar pakaian tidak basah. Beri tahu dokter jika payudara Anda tetap bengkak dan sakit. Apabila Anda tidak berencana untukmenyusui, kenakan bra yang kuat dan suportif seperti bra olahraga.

Baca:  Pola Makan Teratur dan Rajin Olahraga Bukan Jaminan Diet Sukses, Kuncinya di Pikiran
Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment