Mengantuk saat beraktivitas merupakan hal yang wajar. Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja atau bahkan saat menyetir kendaraan. Bahkan saat dikejar deadline pekerjaan, rasa kantuk bisa hadir dan dapat membuat pekerjaan tidak kunjung selesai.

Gejala yang sering mengiringi rasa ngantuk, termasuk sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum mengerjakan ujian, cenderung memiliki konsentrasi lebih tinggi dibanding yang tidak mendengarkan musik. Musik favorit juda dapat mengembalikan mood dan meningkatkan kemampuan otak.

Minuman berkafein dapat membantu mengatasi rasa kantuk. Selainkopi, kamu juga bis mengonsumsi teh atau minuman energisebagai pilihan. Kafein adalah stimulan atau zat yang bisa meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk.

Para ahli merekomendasikan konsumsi kafein setiap hari tak lebih dari 200 miligram. Jumlah tersebut setara dengan tiga cangkir kopi. Ngemil termasuk dalam obat pengusir kantuk.

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa protein merangsang sel orexin di otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang membuat kita tetap waspada dan terjaga. Sebagai perbandingan, camilan yang kaya karbohidrat justru dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya sehingga membuat kita mudah ngantuk. Konsumsilah makanan ringan yang rendah gula, seperti kacang, buah buahan segar, atau yoghurt.

Ruangan kerja yang kurang cahaya bisa membuat mata sulit terbuka. Studi yang dilakukan di Perancis terhadap 13.000 karyawan menemukan, mereka yang ruangannya terpapar cahaya matahari jarang mengantuk saat bekerja dan risikonya menderita insomnia lebih rendah. Menghirup aroma tertentu ternyata cukup efektif untuk mengembalikan fokus.

Beberapa aroma yang cukup efektif membuat mata terbuka adalah peppermint, kayu manis, kopi dan juga cokelat. Jika sudah mulai mengantuk, segera tunda pekerjaan dan beranjak dari kursi kantor. Cobalah untuk jalan jalan sejenak untuk mengambil air minum.

Baca:  Anak Terbiasa Tidur di Kamar Ber-AC Punya Risiko Kesehatan Apa yang wajib Dilakukan Orangtua

Sebenarnya Anda bisa juga jalan jalan ke meja teman. Namun, pastikan teman tak sedang dikejar deadline tugas. Jalan jalan hingga keluar kantor untuk menghirup udara segar memang disarankan.

Tapi, jika cuaca di luar panas, lebih baik Anda tak membiarkan kepala terkena sorot matahari langsung karena bisa membuat pusing.

Tags: , , , , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment