Beberapa tahun belakangan, ada tren pergi umrah secara backpacker. Jemaah umrah bisa pergi ke Tanah Suci Mekkah dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan umrah reguler. Umrah reguler sendiri biasanya ditawarkan oleh agen agen perjalanan.

Lalu apa bedanya umrah backpacker dengan umrah reguler? Penulis buku "Umroh Backpacker: A to Z Berumroh Ala Backpacker", Elly Basrah Lubis mengatakan bahwa jemaah umrah backpacker bisa menentukan keberangkatan umrahnya masing masing. Keputusan tentang maskapai apa dan kapan berangkat ada di tangan jemaah.

"Kalau di umrah backpacker itu ada tiket pesawat murah, itu biasanya langsung dibayar lunas. Kalau di umrah reguler, biasanya DP (Down Payment) dulu," tutur perempuan lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia itu beberapa waktu lalu. Sementara itu, dalam umrah reguler, jemaah biasanya hanya menyerahkan sejumlah uang kepada agen perjalanan. Selanjutnya, agen perjalanan umrah menyerahkan bukti pembayaran dan meng arrange semua keperluan di Tanah Suci.

"Kalau di (umrah) reguler, travel agent sudah punya patokan. Pesawatnya ini, hotelnya ini. Jadi perbedaan dari beli tiket itu," tambah Elly. Tiket pesawat pada umrah reguler adalah jenis tiket block seat. Hal itu, menurut Elly, membuat harga tiket lebih mahal dibandingkan tiket promo.

Perbedaan lainnya adalah tak adanya perwakilan agen perjalanan umrah yang ikut dalam umrah backpacker. Pada umrah reguler, biasanya perwakilan agen perjalanan juga ikut dalam perjalanan ke Tanah Suci. "Kalau umrah backpacker itu tidak dipersilahkan menggunakan atribut grup. Kalau di umrah reguler itu kan ada koper, juga seragam. Kalau backpacker itu dipersilahkan mau pakai atau enggak," ujar Elly yang juga akrab disapa Mbak Butet itu.

Baca:  Pengguna Sosial Media di Indonesia Terbesar Keempat di Dunia
Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment