Nama baru di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 2024 Presiden Jokowi dan Maruf Amin, mulai dari Wishnutama hingga Erick Thohir. Presiden Joko Widodo mengumumkan nama nama menteri kabinet barunya pada hari Rabu 23 Oktober 2019 pagi tadi. Ada beberapa nama baru yang tidak ada di kabinet Jokowi periode sebelumnya, Kabinet Kerja.

Didampingi wakil presidennya Maruf Amin, Presiden Joko Widodo mengumumkan deretan nama menteri untuk kabinet barunya, yakni Kabinet Indonesia Maju periode 2019 2024. Pengumuman tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan pada hari Rabu 23 Oktober 2019 pagi. Sembari duduk di tangga depan istana, Presiden Jokowi mengumumkan satu per satu nama menteri beserta jabatannya.

Menariknya, ada beberapa nama baru yang sebelumnya tidak ada di susunan Kabinet Kerja periode 2014 2019. Siapa saja nama nama yang dimaksud? Mahfud MD ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan.

Dalam Kabinet Kerja,awalnya posisi ini diduduki olehTedjo Edhy Purdijatno. Tahun 2015, Jokowi menunjukLuhut Binsar Panjaitan sebagai Menkopolhukam yang baru. Setahun berselang, posisi tersebut diduduki oleh Wiranto.

Calon presiden nomor urut 2 dalam pilpres 2019 kemarin, Prabowo Subianto, juga turut ditunjuk untuk mengisi jabatan Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, posisi tersebut diisi olehRyamizard Ryacudu. Mantan Kapolri Tito Karnavian diberikan tugas oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Dalam Negeri.

Di kabinet sebelumnya, posisi tersebut diisi olehTjahjo Kumolo. Jenderal Purnawirawan TNI, Fachrul Razi mendapatkan amanah untuk menjadi Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Posisi ini sebelumnya diisi olehLukman Hakim Saifuddin.

Founder aplikasi Gojek,Nadiem Makarim, mendapatkan kesempatan untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam Kabinet Kerja, posisi ini diisi olehAnies Rasyid Baswedan yang kini telah menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tahun 2016, Anies digantikan olehMuhadjir Effendy.

Baca:  Anies Sebut Program Dibuat buat Penuhi Kebutuhan Warga DKI Rumah DP Rp 0 Tahap Dua Siap Dibangun

Dokter Terawan ditunjuk untuk menjadi Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 2024 ini. Di kabinet sebelumnya, posisi tersebut diisi olehNila Djuwita Anfasa Moeloek. Politisi PDI P ini diberikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kabinet sebelumnya, jabatan tersebut diisi olehKhofifah Indar Parawansa. Karena maju dalam Pilkada Jawa Timur,Khofifah Indar Parawansa kemudian digantikan olehIdrus Marham pada tahun 2018. Selang beberapa bulan, posisi Mensos diberikan kepadaAgus Gumiwang Kartasasmita.

NamaIda Fauziyah disebutkan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Ketenagakerjaan yang baru. Sebelumnya,Hanif Dhakiri ditunjuk untuk mengisi posisi tersebut. Jabatan Menteri Perdagangan diberikan kepada politisi PKBAgus Suparmanto.

Di Kabinet Kerja, posisi ini awalnya diisi olehRachmad Gobel. Pada tahun 2015,Thomas Trikasih Lembong muncul menggantikan Rachmad. Setahun berselang, posisi tersebut diberikan padaEnggartiasto Lukita.

Pria yang pernah menjabat Duta Besar Indonesia untuk Jepang ini diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Dalam Kabinet Kerja, posisi tersebut diisi olehSudirman Said. Tahun 2016, Menteri ESDM diberikan padaArcandra Tahar.

Selang beberapa bulan, Presiden Jokowi menunjukIgnasius Jonan menjadi Menteri ESDM yang baru dalam kabinet tersebut. Politisi partai Nasdem,Jhonny Plate, ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi dalam kabinet Jokowi yang baru ini. Sebelumnya, posisi Menkominfo diisi oleh Rudiantara.

Pria yang pernah menjadi Gubernur Sulawesi Selatan sejak tahun 2008 hingga 2018 ini ditunjuk sebagai Menteri Pertanian yang baru. Dalam kabinet sebelumnya, Mentan dijabat olehAmran Sulaiman. Politikus partai Gerindra ini ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru menggantikan Susi Pudjiastuti.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini diberikan tugas untuk menjadi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dalam kabinet sebelumnya, jabatan itu diisi olehMarwan Ja'far. Tahun 2016, Presiden Jokowi menunjukEko Putro Sandjojo untuk menjadi Menteri PDTT yang baru.

Baca:  Ini Alasan Susi Tertarik Bahas Lobster Kritik Usulan Ridwan Kamil Pangandaran Jadi Lokasi Budi Daya

Politikus partai PPP ini ditunjuk menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pada kabinet sebelumnya, orang yang ditunjuk sebagai Menteri PPN/ Bappenas ini adalahAndrinof Chaniago, yang pada tahun 2015 digantikan olehSofyan Djalil. Di tahun 2016, Jokowi memberikan posisi tersebut padaBambang Brodjonegoro.

Erick Thohir ditunjuk sebagaiMenteri Badan Usaha Milik Negara yang dalam kabinet sebelumnya diisi olehRini Mariani Soemarno Soewandi. Istri mantan Menteri Koperasi,I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, ditunjuk menjadiMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam kabinet Presiden Jokowi yang baru. Sebelumnya, posisi ini dijabat olehYohana Yembise.

Zainuddin Amali diberi tanggungjawab untuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, posisi ini diisi oleh Imam Nahrawi. Setelah Imam ditangkap KPK karena terjerat kasus korupsi, Menpora diisi oleh pltHanif Dhakiri pada tahun 2019.

Pria yang pernah menjadi penjual kue hingga sopir angkot ini ditunjuk Jokowi sebagaiKepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di kabinetnya yang baru. Sebelumnya, posisi tersebut dijabat olehMahendra Siregar yang kemudian digantikanFranky Sibarani pada tahun 2014. Tahun 2016, Jokowi menunjukFranky Sibarani sebagai Kepala BKPM yang baru.

ST Burhanuddin mendapatkan posisi sebagai Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, posisi tersebut diisi olehMuhammad Prasetyo. Bos NET TV,Wishnutama, ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di kabinet Jokowi yang baru.

Dalam kabinet sebelumnya, posisi tersebut dijabat olehArief Yahya.

Tags: , , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment