Mutter Museum merupakan tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Amerika Serikat. Mutter Museum berlokasi di 19 S 22nd St, Philadelphia, PA 19103, Amerika Serikat. Terdapat banyak koleksi unik dan lengkap yang bisa jadi wisata edukasi di Mutter Museum.

Aneka kolesi di Mutter Museum seputar dunia kesehatan yang telah dikumpulkan puluhan tahun lamanya. Bahkan, beberapa koleksi di Mutter Museum merupakan sumbangan dari Thomas Den Mutter dan menyimpan otak orang paling cerdas, Albert Einstein. Koleksi di Mutter Museum dipisahkan berdasarkan awetan basah, awetan kering, hingga dipajang dalam pigura.

Mutter Museum menyimpan sekitar 1.300 spesimen basah dalam botol kaca. Spesimen basah yang disimpan merupakan bagian tubuh manusia yang berasal dari sumbangan. Menariknya lagi, spesimen basah di Mutter Museum juga menyimpan sejumlah bagian tubuh yang tidak wajar.

Yakni kista dan tumor yang sengaja diambil dan diawetkan. Pemeliharaan spesimen basah di Mutter Museum sangat hati hati dan diteliti secara berkala. Penanggung jawab di Mutter Museum selalu menjaga tingkat cairan untuk spesimen basah supaya selalu awet bertahun tahun.

Spesimen Osteologis di Mutter Museum terdapat sekitar 3.000 awetan. Koleksi kerangka di Mutter Museum terbilang sangat lengkap. Hal ini dikarenakan Mutter Museum berhasil menyimpan koleksi kerangka manusia normal hingga bermacam kerangka abnormal.

Beberapa kerangka di Mutter Museum telah ada sejak lebih dari 150 tahun yang dulunya digunakan sebagai objek pembelajaran. Kerangka yang dipajang dan paling terkenal di Mutter Museum adalah milik Harry Eastlack. Selain awetan basah dan kering, Mutter Museum juga menyimpan model anatomi.

Model anatomi di Mutter Museum terbuat dari lilin yang dibuat sangat akurat dan rinci. Hal ini dikarenakan model anatomi tersebut digunakan untuk mengajar dari tahun ke tahun. Sehingga peserta didik benar benar bisa memahami anatomi bagian tubuh manusia secara detail.

Baca:  Rekomendasi 5 Warung Sate Kambing Legendaris di Jakarta

Mayoritas model anatomi di Mutter Museum dibuat oleh dua perusahaan ternama, yaitu Tramond dari Paris dan Joseph Towne dari London. Selain bagian tubuh manusia, Mutter Museum juga menyimpan instrumen medis yang lengkap. Mulai dari jarum jahit paling kecil hingga paru paru besi raksasa.

Semua instrumen kesehatan ini dikoleksi secara lengkap di Mutter Museum. Alat alat kesehatan ini dipisahkan sesuai dengan jenisnya yang bisa digunakan untuk menangani penyakit serius saat operasi. Bahkan, beberapa instrmen medis di Mutter Museum digunakan untuk bedah tulang belakang invasif mininal di luar negeri.

Spesimen Kering merupakan awetan jaringan lunak yang diawetkan. Spesimen Kering dikeringkan dengan zat pengering dicampur bahan kimia. Ada cairan kimia khsusus yang digunakan untuk mengawetkan warna jaringan lunak pada tubuh manusia.

Spesimen Korosi dibuat dari bagian jaringan lunak yang disuntikkan larutan khusus. Seperti logam, lilin, pewarna, dan zat pelapis lainnya. Jaringan lunak yang disuntikkan hanya di beberapa bagian saja.

Bagian jaringan lunak yang telah disuntik akan dilapisi dengan zat korosif dan bagian yang tidak disuntik cairan kimia akan dibiarkan larut. Sehingga bagian yang disuntikkan cairan kimia tersebut warna dan bentuknya akan awet. Selain bagian tubuh yang sehat, di Mutter Museum juga menyimpan lebih dari 1.200 potret bagian tubuh abnormal.

Seperti bagian tubuh yang cedera, penyakit tubuh manusia, hingga malformasi. Malformasi yang tersimpan di Mutter Museum berupa bayi kembar siam, cacat lahir, hingga amputasi perang saudara.

Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment