Saat kamu bepergian menggunakan kapal pesiar tentu kamu akan sering melihat para staf berbicara dengan bahasa yang unik. Bahasa tersebut merupakan kode yang biasanya digunakan ketika dalam kondisi darurat di atas kapal pesiar. Penggunaan kode ini memiliki arti penting bagi para staff untuk selalu menjaga ketenangan dan kenyamanan para penumpang.

Sehingga meskipun dalam kondisi darurat, penumpang diharapkan selalu tenang dan tidak panik. Apa sajakah kode uniknya? Secara umum, Pan pan berasal dari bahasa Perancis yang berarti kerusakan.

Kode ini sering dijumpai di dalam kapal pesiar bahkan dalam pesawat jika dalam kondisi darurat. Penggunaan kode Pan pan ini menunjukkan situasi yang tidak membahayakan kesehatan penumpang. Jadi tidak perlu merasa takut yang berlebihan, kode Pan pan biasanya digunakan jika terjadi kerusakan namun masih bisa diperbaiki secepatnya.

Purel merupakan sebuah merek pembersih yang ada di kapal pesiar. Biasanya penggunaan kode "Purell" ini disebut sebanyak tiga kali. Hal ini menandakan jika seseorang sedang memanggil layanan kebersihan.

Pemanggilan ini berati seorang penumpang sedang mengalami sakit dan membutuhkan pembersihan segera. Jika kamu sedang mendengar kata Red Parties di dalam kapal pesiar, kamu mungkin akan langsung panik. Red Parties merupakan sebuah kode yang digunakan ketika dalam kondisi darurat.

Biasanya penggunaan kode Red Parties ini digunakan ketika terjadi kebakaran atau kemungkinan adanya kebakaran di atas kapal. Setelah menyebut kode tersebut, biasanya diikuti kalimat yang menyebutkan lokasi terjadinya kebakaran agar segera diatasi. Bukan hanya Red Partis, kode Priority 1 juga digunakan jika terjadi kebakaran di atas kapal pesiar.

Kode ini sudah sangat umum di telinga penumpang kapal pesiar. Sedangkan kode Priority 2 digunakan untuk memberi sinyal adanya kemungkinan kebocoran kapal. Sehingga staff kapal segera diturunkan untuk melihat seberapa besar kebocoran dan memberi arahan evakuasi penumpang.

Baca:  Mirip Lokasi Film The Lion King di Dunia Nyata 3 Tempat Wisata di Indonesia Berlanskap Indah

Operation Bright Star ini merupakan sebuah kode medis di atas kapal pesiar. Kode ini biasanya disebut untuk memberi sinyal darurat medis ke semua layanan terdekat. Jika kamu sedang mendengar kode Operation Bright Star berarti tandanya ada seorang penumpang telah meninggal dunia.

Jika kamu mendengar seseorang menyebut kode Code One tidak perlu panik. Kode ini digunakan untuk memberi sinyal perawatan medis. Biasanya Code One hanya akan disebut ketika seorang penumpang mengalami cedera atau terluka dan segera membutuhkan perawatan medis.

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment