Daun kenikir sering digunakan sebagai lalapan, atau sebagai pelangkap sayuran. Tapi tahukah kamu? selain enak dijadikan lalapan, daun kenikir punya khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun kenikir dikenal karena sifat antioksidan dan punya flavonoid yang tinggi.

Ini membantu memerangi sejumlah penyakit serius seperti Diabetes, Osteoporosis hingga penyakit jantung. Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk menagkal efek buruk dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Pharmacology, ada sekitar 37 sayuran mentah diujicobakan, daun kenikir mengadung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.

Para peneliti meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam daun kenikir berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, daun kenikir turut dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berkhasiat sebagai bahan dasar obat obatan. Daun kenikir dipercaya memiliki efek antihipertensi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berisiko terkena hipertensi.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan uji coba. Dibandingkan hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang ditimbulkan dari obat antihipertensi. Selain itu, ada hal menarik yang semakin memperkuat manfaat daun kenikir selain untuk mencegah hipertensi.

Sayuran ini bisa membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretik daun kenikir. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir memiliki efek antidiabetes. Para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan.

Daun kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Daun kenikir juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh. Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel sel yang rusak.

Baca:  Tumbuh Gigi Pada Anak Bikin Demam Ternyata Hoaks, Simak Faktanya

Jika di area jantung, senyawa flavoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan car memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini terjadi karena kerusakan jarinagna tulang terjadi lebih cepat daripada produksi sel sel tulang baru.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa daun kenikir dapat meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid, dan orteoblas di dalam tulang.

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment