Bagi kamu yang sedang berlibur ke Kalimantan, jangan lupa mencicipi kuliner khas Dayak. Selain enak, kuliner khas Dayak ini sudah terbilang langka. Kuliner khas Dayak yang bisa kamu coba seperti juhu singkah hingga kue dange.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah rotan muda atau lebih dikenal dengan juhu singkah dalam BahasaDayak. Cukup mudah menemukan tanaman ini karena banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Cara mengolahnya, rotan mudah dipotong kecil kemudian dimasak dengan terong asam dan ikan baung.

Rasa yang dihadirkan cukup unik yakni perpaduan antara gurih, pahit dan sedikit manis. Kuliner yang satu ini terbilang sulit cara pengolahannya, sebab salah bumbu sedikit saja maka kuliner ini takkan layak makan. Bahan yang digunakan ada dua yakni daging babi atau ikan yang dilumuri bumbu yang terbuat dari ketan putih dan biji jagung yang disangrai.

Sebelumnya ikan atau babi dibersihkan dulu, direndam air garam selama 5 10 jam, ditiriskan, dan dibiarkan kering. Setelah kering dicampur dengan bumbu, dan disimpan selama 3 5 hari. Kuliner yang satu ini terbilang ekstrim karena terbuat dari kelelawar buah atau kalong.

Bisanya dimasak dengan batang pisang atau bumbu daun piakuk yang memiliki rasa masam serta campuran serai. Camilan yang satu ini cukup digemari. Terbuat dari parutan kelapa dan gula yang dicetak menggunakan pemanggang khusus dange.

Rasa manis dan gurih dari sari pati parutan kelapa yang membuat makanan ini sangat disukai. Makanan khasDayakini terbuat dari adonan tepung beras yang dimasukkan dalam daun pisang yang sudah dilumuri minyak goreng agar tidak lengket. Isian kue lepet biasanya kelapa parut dan gula merah cair.

Baca:  Tempat Wisata di Bantul yang Seru buat Liburan Bersama Keluarga Kampung Anggur Dusun Plumbungan

Rasa gurih dan manis membuat makanan ini bikin ketagihan.

Tags: , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment