Jaman sekarang penyakit tidak pandang bulu entah muda ataupun tua, penyakit bisa hinggap pada siapa saja. Terlebih bagi kamu yang tidak menjaga dan memperhatikan gaya hidup serta pola makan, bisa jadi lebih mudah terkena penyakit tidak terkecuali kolesterol tinggi dan hipertensi. Lantas apa yang harus dilakukan supaya terhindari dari dua penyakit tersebut?

Kalau kamu tipe orang yang malas berolahraga tapi ingin sehat, seenggaknya kamu pasti bisa berjalan kaki. Cukup berjalan selama setengah jam setiap harinya kok. Bila selama ini kamu ke kampus atau ke kantor naik motor atau ojek online, coba deh diganti dengan jalan kaki jika memang jaraknya dekat.

Sebelum jalan kaki, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu estimasi waktu dan jarak dari tempatmu menggunakan Google Maps. Usahakan kamu bisa mencapai 150 menit dalam satu minggu. Apa yang kamu makan menyumbang kontribusi cukup besar untuk penyakit kolesterol tinggi dan hipertensi.

Maka dari itu kurangi konsumsi gula dan hindari makanan yang digoreng, terlebih makanan yang digoreng dengan tepung. Kamu bisa mengantinya dengan mengonsumsi kacang kacangan, ikan, gandum utuh, sayuran hijau, dan makanan rendah sodium. Kamu juga bisa coba gunakan madu murni sebagai pengganti gula.

Dan kalau kamu tidak bisa langsung menghindari gorengan, coba kurangi porsinya sedikit demi sedikit, sampai tidak ketergantungan gorengan lagi. Tidak hanya melakukan perbaikan dari luar, perbaikan dari dalam juga sama pentingnya. Kalau selama ini kamu menderita stres dari beratnya cobaan kehidupan sehari hari, coba lakukan teknik penenang seperti meditasi dan latihan pernapasan. Atau bisa juga melakukan cara pertama yaitu jalan kaki.

Karena kalau tidak dicoba untuk dikurangi, stres bisa menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi dan meningkatkan kolesterol. Kalau kamu merokok, coba berusaha sekuat mungkin untuk berhenti. Karena perubahan kimia yang terjadi saat merokok bisa berkontribusi untuk meningkatkan kadar kolesterol dan hipertensi.

Baca:  Beberapa Orang Mengalami Silent Stroke Tanpa Menyadarinya, Bagaimana Mengetahui Gejalanya?

Meski tidak mudah, usahakan untuk mengurangi kebiasan merokok sedikit demi sedikit. Kalau kamu bukan peminum, berarti kamu tinggal praktikkan empat cara sebelumnya. Tapi kalau kamu termasuk peminum, coba sebisa mungkin dikurangi dan dihindari.

Pakar kesehatan saja menyebutkan kalau karbohidrat dan alkohol pada minuman dapat meningkatkan trigliserida dalam tubuh. Trigliserida ini terbentuk dari gliserol dan tiga kelompok asam lemak. Apabila trigliserida dalam tubuhmu cukup tinggi, nggak hanya kolesterol dan hipertensi, kamu juga bisa terkena stroke.

Wah, nggak mau kan itu semua menimpa kamu? Jadi mulai sekarang jaga pola hidup sehat dan konsumsi makanan makanan sehat ya agar terhindari dari kolesterol tinggi dan hipertensi.

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment