Tahun 2019 sudah melewati pertengahan tahun. Tahun ini merupakan tahun yang penuh akan kompetisi turnamen esports. Bukan hanya turnamen dengan kelas lokal, tapi juga regional dan internasional.

Perkembangan game yang pesat juga membuat para penggiat game hingga para pemainnya begitu antusias untuk mengikuti turnamen esports. Bahkan, banyak anak muda yang memiliki cita cita untuk menjadi atlet esports profesional karena setiap turnamennya menjanjikan hadiah yang fantastis. Sebut saja Sumail yang berhasil membawa timnya mendapatkan hadiah 8 juta dolar AS atau sekitar Rp 112 miliar di game Dota 2.

Saat itu, Syed 'SumaiL' Hassan masih berusia 18 tahun. Di level internasional, hadiah yang ditawarkan begitu menggiurkan bagi atlet esports. Hingga pertengahan tahun ini, FIFA 19 telah mengeluarkan hadiah sebesar 1,65 juta dolar AS atau sekitar Rp 23 miliar.

Wizard of the Coast dan perusahaan induk Hasbro telah melakukan dorongan besar lewat Magic: The Gathering esports pada tahun 2019. Dengan inisiatif sebesar 10 juta dolar AS untuk meningkatkan daya saing permainan kartu koleksi antara versi digital dan board gamenya. Hebatnya, dengan dana tersebut untuk pengembangan, pihak penyelenggara telah menggelontorkan dana 1,83 juta dolar AS untuk hadiah di turnamennya.

Hadiah besar tersebut didapatkan hanya dari dua turnamen, yaitu March's Mythic Invitational sebesar 1 juta dan Kejuaran Mythic 750 ribu dolar AS. Wizard juga telah menyelenggarakan sepasang turnamen Magic Mythic Championship yang berhadiah total 500 ribu dolar AS sepanjang tahun ini. Permainan kartu dari Blizzard ini telah mengeluarkan total 2,26 juta dolar AS sepanjang setengah tahun ini.

Besarnya hadiah tersebut didapat dari kejuaraan dunia pada bulan April dengan total hadiah 1 juta dolar AS, 493 ribu dolar As di Masters Tour 2019 Las Vegas dan 250 ribu di Hearthstone Champhionship Tour Winter Championship. Game FPS dari Ubisoft ini telah mencapai perolehan total hadiah sebesar 2,64 juta dolar AS. Permaianan bergenre battle royale ini sudah mendapatkan total hadiah 2,74 juta dolar selama setengah tahun ini.

Baca:  Alvin Bahar Juara ISSOM Night Race Putaran 4

Perolehan tersebut juga akan bertambah, karena pada November mendatang akan diadakan kejuaraan dunia dengan total hadiah mencapai 2 juta dolar AS. Meskipun Overwatch League Season 2 sedang berlangsung, tapi banyaknya hadiah dalam setengah tahun ini berasal dari liga Overwatch Contenders Contiers tingkat kedua. Total yang didapatkan dalam setengah tahun ini mencapai 3,35 juta dolar AS.

Awal tahun ini merupakan tahun yang sibuk untuk League of Legend atau LOL. Saat ini, tercatat ada total 68 turnamen yang dicatat oleh Esports Earning. Total dari setengah tahun ini, sudah ada 3,9 juta dolar AS yang diberikan kepada seluruh gelaran turnamen.

Setengah tahun ini, seluruh turnamen Dota 2 telah mengeluarkan hadiah sebesar 8,37 juta dolar AS. Namun, total hadiah tersebut masih bisa bertambah secara drastis karena pada bulan Agustus mendatang masih ada turnamen Dota 2 dengan kasta tertinggi, The International 2019 atau TI9. Saat artikel ini diterbitkan, total hadiah untuk TI9 sudah mencapai 25 juta dolar AS dan masih bisa bertambah hingga akhir Juli mendatang.

Gim yang biasa disebut CSGO ini telah mencapai total hadiah 8,6 juta dolar AS. Pendapatan tersebut didapatkan dari beberapa turnamen besar seperti ESL Pro League Season 9 hingga ECS atau Esports Championship Series Season 7. Gim yang bergenre sama dengan PUBG ini telah mengeluarkan hadiah sebesar 14,7 juta dolar AS hingga pertengahan tahun ini.

Total hadiah tersebut belum ditambahkan dengan Fortnite World Cup 2019 yang akan diselenggarakan akhir bulan Juli ini dengan total hadian 30 juta dolar AS atau sekitar Rp 422 miliar.

Tags: , , , ,
Avatar
Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Lakukan yang terbaik, sehingga kita tak akan menyalahkan diri sendiri atas segalanya.

Related Article

0 Comments

Leave a Comment